Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Keterampilan Berbicara dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kls VIII SMP Negeri 2 Bengkalis

Authors

  • Imelda Imelda Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.56633/jkp.v13i1.19

Abstract

Dari pengamatan penulis sebagai guru dikelas, hasil belajarsiswa SMP Negeri 2 kls VIII dalam bahasa Inggris masih rendah, hal ini disebabkan model pembelajaran yang tidak bervariasi atau monoton. Guru hanya mengandalkan kemampuan dirinya dalam berceramah secara klasikal, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajar rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka peneliti menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipeStudent Teams Achieviement Division (STAD). pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achieviement Division adalah suatu lingkungan belajar bersama dan bekerja sama dalam susatu kelompik kecil untuk menyelesaikan tugas-tugas Akademik  dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris meningkat,Pada siklus I ketuntasan individu siswa terdapat sebanyak 17 (77%) dan siswa yang tidak tuntas 5 (23%). Setelah dilakukan perbaikan tindakan pada siklus II, ketuntasan individu siswa  meningkat menjadi 20 (91%) siswa yang tuntas dan sebanyak 2 (9%) siswa yang tidak tuntas, mengalami peningkatan sebesar (14%).

Downloads

Published

2017-05-18