Korelasi kepemimpinan kepala taman kanak-kanak terhadap kinerja kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru
Abstract
Kemampuan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Karweti 2010). Pengaruh tersebut terutama berdampak pada kompetensi pedagogic dan kompetensi professional guru. Kompetensi pedagogic itu sendiri merupakan suatu kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan mengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Sedangkan, kompetensi professional yaitu kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi. Maka dari itu peneliti ingin menilik lebih jauh atas keterkaitan atau hubungan kepemimpinan kepala Taman Kanak Kanak terhadap dua kompetensi pendidik yang telah disebutkan di Kecamatan Kedaton Bandar Lampung. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini adalah analisis korelasi. Untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak dan Kemampuan pedagogik guru dan Kemampuan profesionalitas guru , analisis korelasi yang digunakan adalah analisis korelasi product moment karena data yang digunakan merupakan data berskala likert. Melalui penyebaran angket sebagai instrumen, didapatkan hasil bahwa dengan taraf signifikansi 5% didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,37, dengan nilai uji sebesar 1,69 yang lebih besar dari sebesar -1,73. Dan juga didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,18, dengan nilai uji sebesar 0,76 yang lebih besar dari dengan sebesar -1,73. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kepemimpinan kepala TK dengan kompetensi pedagogic dan kompetensi profesional guru. Kata Kunci: Kepemimpinan, Taman Kanak-Kanak, Deskriptif Kuantitatif, Pedagogik dan Profesional Kompetensi.