PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017

Authors

  • Ni Putu Mega Lusiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20076

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi guru tentang kepemimpinan   kepala sekolah,  kinerja  guru  di  SMA  Laboratorium  Undiksha  Singaraja,  pengaruh  persepsi  guru tentang kepemimpinan  kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 guru di SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dan sampel yang digunakan adalah total dari populasi yang ada. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi, serta dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kuantitatif dan uji t dengan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kepemimpinan   kepala sekolah berada pada kategori baik yaitu pada rata-rata skor 25,777, kinerja guru tergolong dalam kategori sangat baik   yaitu pada rata-rata skor 51,76 persepsi guru tentang kepemimpinan a kepala sekolah terhadap kinerja guru tidak berpengaruh secara signifikan ditunjukkan p-value = 0,092 > α = 0.05.

Downloads

Published

2019-09-03

Issue

Section

Articles