KEPUASAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DOSEN TAHUN AKADEMIK 2014-2017

Authors

  • Ni Putu Dharma Yanti Dewi
  • Lulup Endah Tripalupi
  • Iyus Akhmad Haris

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  harapan mahasiswa (expected service), perasaan mahasiswa (perceived service), dan kualitas pelayanan akademik dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kualiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Jurusan Pendidikan Ekonomi tahun akademik 2014-2017 yang berjumlah 319 orang dan sampel sebanyak 76 orang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Servqual (service quality) yaitu membandingkan setiap dimensi dan secara total yaitu layanan yang dirasakan (persepsi) mahasiswa dengan layanan yang diharapkan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, harapan mahasiswa baik secara total maupun perdimensi berada pada kategori sangat penting dengan total skor 6619, perasaan mahasiswa baik secara total maupun perdimensi memiliki total  skor 6011  yang berada pada kategori selalu,  yaitu dosen selalu memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa, dan kualitas pelayanan akademik dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi secara total berada pada kategori sangat memuaskan dengan skor 98

Downloads

Published

2019-06-11

Issue

Section

Articles