ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) KANTOR KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Luh Dea Damayanti
  • Kadek Rai Suwena
  • Iyus Akhmad Haris

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20048

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk  mengetahui persepsi dan  kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan Indeks  Kepuasan Masyarakat (IKM)  ditinjau  dari  pelayanan  administratif. Penelitian  ini  merupakan penelitian   deskriptif   dengan   menggunakan  analisis   Indeks   Kepuasan   Masyarakat   berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sawan dengan jumlah responden 150 orang menggunakan teknik sampling non probability  sampling  dengan  jenis  accidental  sampling.  Data  yang  dikumpulkan, dilakukan  dengan metode kuisioner atau angket. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Sawan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan IKM masyarakat dari keseluruhan indikator pelayanan sudah sesuai dengan harapan masyarakat namun dari segi fasilitas untuk pengaduan masyarakat seperti kotak saran belum ada. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Sawan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan IKM secara total dari 14 indikator pelayanan pada rentang nilai IKM 2,51-3,25 dengan nilai konversi IKM pada rentang 62,51-81,25 yang berada pada kategori mutu pelayanan dan kinerja pelayanan baik. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat merasa puas tenhadap pelayanan yang diberikan dengan adanya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan yang baik

Downloads

Published

2019-06-03

Issue

Section

Articles