1338

Views

3516

Downloads

Original article
Open Access

Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Aanak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya

,
Pages: 35-50
|
Published: Feb 21, 2018

Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


Menghasilkan output pendidikan pada tingkat anak usia dini yang ideal sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam undang-undang membutuhkan kerjasama dan dukungan segala unsur pendidikan. Faktor keberadaan guru sebagai komponen utama tak bisa dipungkiri, namun diperlukan faktor lain diantaranya pengelolaan kelas yang representatif. Riset ini ingin mengetahui manajemen pengelolaan kelas di TPA Khajidah Pandegiling Surabaya. Dipilihnya TPA ini karena lembaga ini merupakan percontohan di tingkat Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan kualitatif dengan jenis field research dan pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis mengikuti model Miles and Hubermans. Hasil penelitian disimpulkan bahwa TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dalam mengelola kelas menggunakan model sentra BCCT, dan setiap minggunya hanya dibuka tiga sentra dari yang seharusnya ada delapan sentra. Tiga sentra tersebut  meliputi sentra balok, alam sekitar dan bermain peran. Jumlah siswa di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya sebanyak 30 anak dari usia 2-5 tahun.  Untuk pengaturan kelas telah sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak, tentang penataan gambar dan ornamen indoor, ketersediaan pencahayaan melalui kaca jendela sebanyak 6 buah sangat mendukung proses KBM siswa TPA dan kesehatannya. Ruangan dengan ukuran 12mx17m dilengkapi dengan rak-rak berwarna-warni dan meja kursi siswa, ventilasi udara yang lebih mengandalkan pada AC untuk menjaga kesejukan ruangan. Penataan posisi tempat duduk siswa lebih memilih gaya seminar ketika usia kegiatan circle time.

Keywords:

Manajemen Pengelolaan Kelas, Tempat Penitipan Anak (TPA)

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite

Pangastuti, R., & Solichah, I. (2018). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Aanak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2017.22-04

References

Adiarti, Wulan 2012, ‘Pangaturan Ruang Kelas untuk Inclusive Preschool (Studi Kasus di TK Al – Falah Ciracas Jakarta Timur)’, Pendidikan Anak, Vol. I, Edisi 2.Hilali, Husni El 2012, ‘Pentingnya Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran’, Jurnal Edu-Bio, Vol. 3.
Asril, Zainal 2013, Microteaching, Rajawali Pers, Jakarta.
Hasibuan, Malayu S, P 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Iskandar, Harris 2015, Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini, Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Kamil, M. Zakki 2010, ‘Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga’, Skripsi S.Pd, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kumara, Amita, dkk 2012, ‘Program “Menciptakan Kelas Bersahabat” dan Pengelolaan Kelas’, Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 4, No. 2.
Mulyasa 2012, Manajemen PAUD, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pangastuti, Ratna 2011, Studi Analisis Implementasi Full Day di TPA Beringharjo Kota Yogyakarta, TPA Pelangi Indonesia dan TPA Laboratorium PAUD UGM Kabupaten Sleman, dan TPA Jabal Rahmah Kabupaten Bantul, Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pangastuti, Ratna 2012, Studi Analisis Implementasi Full Day di TPA Beringharjo Kota Yogyakarta, TPA Pelangi Indonesia dan TPA Laboratorium PAD UGM Kabupaten Sleman, dan TPA Jabal Rahmah Kabupaten Bantul, Jurnal Penelitian PAUD QUANTUM Volume 1, Nomor 1, Juni 2012, Prodi Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rikawarastuti 2016, Jenis – Jenis Penelitian, MODUL-TEORI-JENIS-PENELITIAN.pdf, hal. 10, .
Rohani, Ahmad 2004, Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sunhaji 2014, ‘Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran’, Jurnal Kependidikan, Vol. II, No. 2.
Syaifurahman & Ujiati, Tri 2013, Manajemen dalam Pembelajaran, Indeks, Jakarta.