1338
Views
3516
Downloads
Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Aanak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Menghasilkan output pendidikan pada tingkat anak usia dini yang ideal sesuai dengan visi dan misi yang tertuang dalam undang-undang membutuhkan kerjasama dan dukungan segala unsur pendidikan. Faktor keberadaan guru sebagai komponen utama tak bisa dipungkiri, namun diperlukan faktor lain diantaranya pengelolaan kelas yang representatif. Riset ini ingin mengetahui manajemen pengelolaan kelas di TPA Khajidah Pandegiling Surabaya. Dipilihnya TPA ini karena lembaga ini merupakan percontohan di tingkat Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan kualitatif dengan jenis field research dan pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis mengikuti model Miles and Hubermans. Hasil penelitian disimpulkan bahwa TPA Khadijah Pandegiling Surabaya dalam mengelola kelas menggunakan model sentra BCCT, dan setiap minggunya hanya dibuka tiga sentra dari yang seharusnya ada delapan sentra. Tiga sentra tersebut meliputi sentra balok, alam sekitar dan bermain peran. Jumlah siswa di TPA Khadijah Pandegiling Surabaya sebanyak 30 anak dari usia 2-5 tahun. Untuk pengaturan kelas telah sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak, tentang penataan gambar dan ornamen indoor, ketersediaan pencahayaan melalui kaca jendela sebanyak 6 buah sangat mendukung proses KBM siswa TPA dan kesehatannya. Ruangan dengan ukuran 12mx17m dilengkapi dengan rak-rak berwarna-warni dan meja kursi siswa, ventilasi udara yang lebih mengandalkan pada AC untuk menjaga kesejukan ruangan. Penataan posisi tempat duduk siswa lebih memilih gaya seminar ketika usia kegiatan circle time.
Keywords:
Downloads
Metrics
Article Details
How to Cite
Copyright
Copyright Notice
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal, provided that the work is not used for commercial purposes.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
References
Asril, Zainal 2013, Microteaching, Rajawali Pers, Jakarta.
Hasibuan, Malayu S, P 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
Iskandar, Harris 2015, Pedoman Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini, Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Kamil, M. Zakki 2010, ‘Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Salatiga’, Skripsi S.Pd, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kumara, Amita, dkk 2012, ‘Program “Menciptakan Kelas Bersahabat” dan Pengelolaan Kelas’, Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 4, No. 2.
Mulyasa 2012, Manajemen PAUD, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pangastuti, Ratna 2011, Studi Analisis Implementasi Full Day di TPA Beringharjo Kota Yogyakarta, TPA Pelangi Indonesia dan TPA Laboratorium PAUD UGM Kabupaten Sleman, dan TPA Jabal Rahmah Kabupaten Bantul, Tesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Pangastuti, Ratna 2012, Studi Analisis Implementasi Full Day di TPA Beringharjo Kota Yogyakarta, TPA Pelangi Indonesia dan TPA Laboratorium PAD UGM Kabupaten Sleman, dan TPA Jabal Rahmah Kabupaten Bantul, Jurnal Penelitian PAUD QUANTUM Volume 1, Nomor 1, Juni 2012, Prodi Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rikawarastuti 2016, Jenis – Jenis Penelitian, MODUL-TEORI-JENIS-PENELITIAN.pdf, hal. 10,
Rohani, Ahmad 2004, Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sunhaji 2014, ‘Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran’, Jurnal Kependidikan, Vol. II, No. 2.
Syaifurahman & Ujiati, Tri 2013, Manajemen dalam Pembelajaran, Indeks, Jakarta.