STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Lina Harahap* -  Kementerian Agama Republik Indonesia Padang Lawas Utara, Indonesia
Character education is expected to be the culture of the school. The success of the character education program can be seen through the reflection of the actions and decisions when interacting among fellow students, and the attitude displayed in everyday life reflects the values of real character, the call of conscience in him. Character education in schools is only one vehicle for learners to get a more mature character education. The real character education is not only found in formal educational institutions, but in informal education institutions, such as families and communities. Inforfal education is the first step for the character building of children in school, because parents are also responsible for educating their children.

Keywords : Pendidikan; Karakter; Sekolah

  1. Alex, Kamus Ilmiah Populer Kontemporer, Surabaya: Karya Harapan, 2005.
  2. Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam, Ciputat: CRSD Pres, Cetakan Ke II, September, 2007.
  3. Bakry, Oemar, Tafsir Rahmat, Jakarta: Mutiara, 1984
  4. Daulay, Putra, Haidar, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana, 2014.
  5. _______, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta; Kencana, 2007.
  6. Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, Pedoman Pelaksanaan Pemenuhan Beban Kerja Guru PAI Pada Sekolah, Jakarta: t.t.p, 2010.
  7. Hasan Basri, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung, CV. Pustaka Setia, 2009.
  8. Hasibuan, Zainal Efendi, Kepemimpinan Pendidikan dalam Perspektif Hadis, Medan, CV. Mitra, 2013.
  9. ………, Manajemen Pendidikan Berbasis Character Building:Tansformasi adat Budaya dan agama dalam Bingkai Pendidikan Karakter, Medan: CV. Partama Mitra Sari, 2015.
  10. Iskandar Agung, Nadiroh, dan Rumtini, Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2011.
  11. Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2012.
  12. ------------, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, Cetakan Kedua, Maret 2010.
  13. Mujib, Abdul dan Jusuf Muzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006.
  14. Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan kedua, September 2011.
  15. Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, Cetakan Ketiga, Mei 2004.
  16. Persetujuan Bersama DPR RI dan Presiden RI, Undang-Undang Guru dan Dosen,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
  17. Ritonga, A.Rahman, ,Akhlak: Merakit Hubungan dengan Sesama Manusia, Surabaya: Amalia, 2005.
  18. Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
  19. Samani, Muchlas & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. Ke-2, Januari 2012.
  20. Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cetakan keduabelas, Januari 2005.
  21. Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: t.t.p, 2002.
  22. Tim Penyusun Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang System Pendidikan Nasional (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cetakan Kesebelas, Januari 2006.
  23. Tim Tashih Departemen Agama, dan Universitas Islam Indonesia, Al-Qur’an dan Tafsirnya,Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, 1995
  24. Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam (IPI), Bandung: Pustaka Setia, 1997.
  25. Wibowo, Agus dan Hamrin, Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi Karakter Guru,Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2012.
  26. Wikipedia bahasa Indonesia, https://id.wikipedia.org/wiki/Tenaga_kependidikan, Online, diakses tanggal 24-12-2015.
  27. yarbini, Amirulloh, Buku Pintar Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah, Jakarta: Prima Pustaka, 2012.
  28. Yusti, Probowati, Seger Handoyo, dan Andik Matulessy, Pendidikan Karakter Perspektif Guru dan Psikolog, Malang: Selaras, 2011.
  29. Zainal Aqib, Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa, Bandung: Yrama Widya, 2011.
  30. Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, Cet. Ke-1, Agustus 2011.

Open Access Copyright (c) 2017 Lina Harahap
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View My Stats

Editorial Office:

Pascasarjana UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan; 

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.

Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: studimultidisipliner01@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.