URGENSI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LINGKUNGAN DAN PERMAINAN UNTUK MENINGKATAN KUALITAS BACA TULIS AL-QUR’AN PADA MAHASISWA SEMESTER II JURUAN PGMI FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI)UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Mappanyompa Mappanyompa, Mustapa Ali Mustapa Ali

Abstract


Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Lingkungan dan Permainan untuk Meningkatan Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an pada Mahasiswa  Semester II Juruan PGMI Fakultas Agama Islam (FAI)Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas baca-tulis Al-Qur’an melalui pembelajaran Bahasa Arab yang berbasis lingkungan dan permainan bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang tertidi atas sembilan kali pertemuan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu perencan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Mahasiswa  Semester II Juruan PGMI Fakultas Agama Islam (FAI)Universitas Muhammadiyah Mataram yang berjumlah 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kemampuan baca-tulis al-Qur’an pada Mahasiswa  Semester II Juruan PGMI Fakultas Agama Islam (FAI)Universitas Muhammadiyah Mataram  Tahun Akademik 2015/2016 berbasis lingkungan dan permainan dapat ditingkatkan. Peningkatan ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata minimal 60 dengan ketuntasan klasikal 85%, hal tersebut dapat dilihat pada peningkatan hasil tes kemampuan baca-tulis al-Qur’an siklus I dengan rata-rata 60; dengan ketuntasan klasikal 25%. Pada siklus II, rata-rata 75.63 dengan presentasi ketuntasan klasikal 78.13%. Pada siklus III dengan rata-rata  80.90% dengan presentasi ketuntasan klasikal 93.75%. Sementara hasil observasi kualitas kemampuan mahasiswa dalam baca-tulis al-Qur’an siklus 1 dengan pertemuan I sampai III berada pada kategori cukup baik (CB), sedangkan pada siklus II dengan pertemuan I sampai III meningkat menjadi kategori baik (B). dan adapun pada siklus III pada pertemuan I sampai III meningkat menjadi kategori sangat baik (SB). Hal tersebut dapat dilihat dalam prosetase katagori kemampuan baca-tulis al-Qur’an mahasiswa siklus I berdasarkan kategorisasi yang berkemampuan tinggi 5 mahasiswa (15.63%), berkemampuan sedang 10 mahasiswa (31.25%) dan berkemampuan rendah 17 mahasiswa (53.12%). Adapun katagori kemampuan baca tulis al-quran mahasiswa pada siklus II berdasarkan katagori yaitu berkemampuan tinggi ada 10 mahasiswa (31.25%), berkemampuan sedang 17 (53.13%) dan berkemampuan rendah 5 mahasiswa (15.63%). Adapun katagori kemampuan baca tulis al-quran mahasiswa pada siklus III berdasarkan katagori yaitu berkemampuan tinggi ada 15 mahasiswa (46.88%), berkemampuan sedang 15 (46.88%) dan berkemampuan rendah 2 mahasiswa (6.25%).


Keywords


Pembelajaran,kemampuan, baca-tulis al-Qur’an, lingkungan dan permainan

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid, 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam, (Malang: UIN Maliki Press).

Ahmad Fuad Efendi, 2005, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Al-Misykat).

Arsyad, 2009, Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pustaka pelajar).

Asmani, 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inivatif,. (Jakarta: DIVAPress).

Bruner, 1966. Tward a Theory of Instruktion, (Cambridge: Harvard Univercity).

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran, (Jakarta: Publisher).

Departemen Agama RI, 2013. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahan, (Bandung: CV. Dipenegoro).

Mukhlis amrin, , 2009. Cara belajar cerdas dan efektif (Jogjakarta: Garailmu ).

Hanafiah Nanang, dkk. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: Reflika Aditama).

James Popham, 2001. Teknik Mengajar Secara Sistematik, ( Jakarta: Rineka Cipta).

Mc Taggart, 1991. The Action Reseach (A Short Modern history), (Australia: Deakin Univercity).

Mel Silbermen, Activ Learning (101 Strategies To Teach Any Subject) ( Assachusetts: Temple University, 1996).

Silbermen, 1996. Activ Learning (101 Strategies To Teach Any Subject Assachusetts: Temple University).

Mu’in, 2004. Analsis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pustaka Husna Baru).

Ridwan, 2009. Metode dan teknik Penyusunan Proposal Penelitian, (Bandung: Alpabeta).

Tarigan, 1994. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa, (Bandung: Angkasa).

Wahab dan Aziz, Metode dan Model-Model Mengajar, (Bandung: Alfabeta).

Winken, 1991. Psikologi Pengajaran, (Jakarata: PT. Grasindo).

http://www.tesolcourse.com/ tesol-course-article/productive-skill/article-01-ps-php.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ibtidaiy Stats

IBTIDA'IY: Teacher Education Madrasah Ibtidaiyah | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy@ummat.ac.id| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE