Kesuksesan Bisnis dalam Perspektif Syariah untuk Menghadapi Pasar Global (Tauladan Rasulullah SAW)

  • Omar Hendro Pascasarjana Universitas Indo Global Mandiri Palembang
Keywords: Kejujuran (akhlak), efisiensi, kepuasan skill, etika bisnis, Perspektif Syariah

Abstract

Indonesia harus bangkit agar perekonomiannya maju untuk mensejahterakan rakyatnya secara merata dan adil. Keuntungan jangan dijadikan yang utama dari tujuan suatu bisnis. Kejujuran dan  efisiensi dalam menjalankan roda aktivitas bisnis harus menjadi modal utama.

Tauladan Rasulullah Nabi Muhammad SAW haruslah jadi panutan. Nabi Muhammad SAW pembisnis dan Enterprenur Sejati. Hingga beliau mendapat reputasi yang sangat baik bagi penduduk negeri tersebut. Permasalahan dalam dunia bisnis saat ini, yaitu : a. Dominasi investasi di miliki pemodal besar (kapitalis).b. Rendahnya tingkat kejujuran dan niat baik pelaku bisnis c. Belum terciptanya keadilan dan keseimbangan sosial diantara pemilik modal dan yang menjalankan usaha bisnis serta kemitraan lain.d. Mengubah dan mewujudkan menjadi pembisnis yang semakin besar.(ownership/enterpreneurship). e. Keseimbangan antara hard skill dean soft skill pelaksana bisnis.

Prinsip bisnis modern, seperti tujuan dan kepuasan pelanggan (consumer satisfaction), pelayanan yang unggul (service exellence), kompetensi, efisiensi, transparansi, persaingan yang sehat dan kompetitif, semuanya telah menjadi gambaran pribadi dan etika bisnis Muhammad ketika ia masih muda sampai akhir hayat. Sangatlah tepat dan tidak berlebihan jika Muhammad disebut sebagi peletak dasar atau embrio atas prinsip bisnis modern. Muhammad juga memperkenalkan asas "Facta Sur Servanda" yaitu asas utama dalam hukum perdata dan perjanjian; bahwa di tangan para pihaklah terdapat kekuasaan tertinggi untuk melakukan transaksi yang dibangun atas dasar saling setuju.

 
Published
2016-02-15
How to Cite
Hendro, O. (2016). Kesuksesan Bisnis dalam Perspektif Syariah untuk Menghadapi Pasar Global (Tauladan Rasulullah SAW). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 1(2), 29-38. https://doi.org/10.36908/isbank.v1i2.20