MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMECAHANAN MASALAH

Ika Novianti(1*), Riawan Yudi Purwoko(2), Bambang Priyo Darminto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran snowball throwing dengan talking stick antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu, peneliti juga menganalisis interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan. Penelitian ini dapat mengembangkan keterampilan siswa pada pemecahan masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP, dengan metode pengumpulan  data  ialah  angket, tes pemecahan masalah, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan tahapan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara pembelajaran talking stick dengan snowball throwing, (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah

Keywords


pembelajaran kooperatif, talking stick, snowball throwing, pemecahan masalah, self efficacy

Full Text:

PDF


DOI: 10.24235/eduma.v8i1.3222

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats