PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BIDANG DATAR (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan)

iim rohimah(1), indah nursuprianah(2*),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; bagaimana pemahaman konsep geometri tentang segitiga dan segi empat (kedudukan dua garis, sifat-sifat garis sejajar, besar sudut, jenis sudut). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Bidang Datar (persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang)  tentang sifat-sifat, luas, dan keliling persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Banyak konsep matematika lebih mudah dipahami jika disajikan dengan bahasa geometri. Untuk dapat mempelajari geometri dengan baik, siswa harus dituntut untuk menguasai kemampuan dasar geometri, keterampilan dasar dalam belajar geometri terdiri dari: kemahiran visual, lisan, melukis, logika, dan aplikasi. Pemahaman konsep geometri dalam penelitian ini yaitu paham/mengerti akan materi geometri itu sendiri, dimana materi geometri itu sendiri membahas tentang hubungan titik, garis, sudut, bidang dan benda-benda ruang serta sifat-sifatnya.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Cidahu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 402 siswa. Sedangkan  pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas dari 10 kelas yaitu kelas  VII E yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian, setelah dilakukan pegolahan data berdasarkan program bantuan SPSS versi 16 diperoleh nilai uji hipotesis menunjukkan bahwathitung sebesar 4,294. Pada derajat bebas (df) = 35, nilai  tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,030. Dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel yaitu 4,294  >2,030 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahaman konsep geometri  terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar. Didapat korelasi antara pemahaman konsep geometri dengan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bidang datar (r) adalah 0,587, dan koefisien determinasi (R) sebesar 0,345.

 

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Geometri, Bidang Datar, Menyelesaikan Soal-Soal Bidang Datar



Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Toto Syatori Nasehuddien. 2011. Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. Cirebon: Nurjati Press,

Turmudi dalam http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22149-BAB%20I.pdf. Diunduh: Sabtu, 31 Agustus 2013 pukul 07.35 WIB.

Mulyono Abdurrahman dalam http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22149-BAB%20I.Diunduh: Sabtu, 31 Agustus 2013 pukul 07.35 WIB

Hasan Munir. dkk. 2003. Penelusuran Tingkat Perkembangan Berfikir Model Van Hiele pada Siswa SD Kelas III, IV, dan V Dalam Belajar Geometri. Banda Aceh: Universitas Syah Kuala, hal.2

Hamzah B. Uno. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Haryanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djoko Iswadi. 2001. Geometri Ruang. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika

Fadjar Shadiq. 2009. Geometri Dimensi Dua dan Tiga (Diklat Guru Pengembangan Matematika SMK Jenjang Dasar tahun 2009). Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Susanta B. 1996.Geometri yang Baru dan Berkembang. Yogyakarta: UGM

Sukmadinata, NanaSyaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya




DOI: 10.24235/eduma.v5i1.680

Article Metrics

Abstract view : 575 times
PDF - 994 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching

View My Stats