PENDIDIKAN TOLERANSI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH MUATAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH)

Authors

  • U. Abdullah Mumin STAI Pelabuhanratu

DOI:

https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v2i1.19

Keywords:

Pendidikan, Toleransi, Sekolah

Abstract

Sekolah idealnya harus berperan aktif menterjemahkan sikap toleransi atau tasammuh dalam lingkungan pendidikannya. Sikap toleransi ini ditumbuhkembangkan melalui penyadaran akan pentingnya makna kebersamaan diatas fondasi perbedaan yang tak bisa dihindarkan. Disinilah pentingnya muatan-muatan materi pembelajaran yang berbasis kearifan toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif pendekatan kajian studi literatur. Dihasilkan dari penelitian ini sikap toleransi di sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan humanistik di tengah-tengah beranekaragamnya perbedaan peserta didik. Pembelajaran humanistik merupakan sebuah nilai kodrati yang menjadi landasan sekaligus tujuan pendidikan. Sejatinya, pendidikan toleransi menekankan pentingnya kurikulum, kompetensi guru, pendekatan serta metode belajar yang inklusif yang berorientasi nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal, global di atas semua suku, aliran, ras, golongan, dan agama.

 

Keyword : .

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-07-09

How to Cite

Mumin, U. A. (2018) “PENDIDIKAN TOLERANSI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH MUATAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH)”, al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 1(2), pp. 15–26. doi: 10.31943/afkar_journal.v2i1.19.

Issue

Section

Articles