Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Berbantuan Animasi Jepang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian tentang penerapan tugas terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang di kelas III SDN Lanjan 02 belum sepenuhnya dipelajari, karena melibatkan penelitian yang melakukan penelitian di tingkat SMP dan SMA. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang tugas terstruktur yang diberikan kepada siswa sekolah dasar yang diberikan kemandirian siswa dan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan dapat digunakan dalam penguasaan konsep siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan penugasan terstruktur berbantuan animasi Jepang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, data penelitian dapat menyimpulkan bahwa ada perbedaan antara pemecahan masalah yang signifikan antara siswa yang diberikan. Ini dibuktikan dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel, yaitu sama dengan 7,81> 6,03. Dengan demikian, penggunaan bantuan terstruktur yang dibantu oleh animasi Jepang memberikan kemampuan positif untuk menyelesaikan masalah siswa