PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN KINERJA GURU MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa, berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang iklim sekolah berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 25,62 %. Begitu juga persepsi siswa tentang kinerja guru matematika berpengaruh secara langsungterhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 18,58 %. Sedangkan persepsi siswa secara bersama-sama tentang iklim sekolah dan kinerja guru matematika terhadap hasil belajar matematika yaitu sebesar 94,8 %.