Pelibatan Orang Tua melalui Kegiatan Ngamen bareng di TK Nurul Amanah Cianjur

Authors

  • Ida Saidah Pengawas Taman Kanak-Kanak, Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.15

Keywords:

ngamen bareng, keterlibatan sekolah dan orang tua murid, aspek perkembangan seni dan fisik motorik

Abstract

Penelitian bertujuan   meningkatkan   perhatian orang tua, sekolah, dan lingkungan terhadap perkembangan anak, melalui kegiatan ngamen bareng   diharapkan antara   pendidikan dirumah dan pendidikan di TK tidak terputus, Jenis penelitian   yang dipergunakan adalah penelitian dengan metode survey. Survey pelibatan orang tua dalam kegiatan ngamen bareng   dilakukan   terhadap orang tua murid dan lingkungan, terhadap   perencanaan program kegiatan   ngamen bareng   itu sendiri dan perkembangan anak     di TK Nurul Amanah yang secara langsung terdampak oleh kegiatan   ngamen bareng. Jenis data dan analisis menggunakan penelitian analisis data kualitatif (deskriptif) , yaitu   data dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar. Metode penelitian dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian   menunjukkan keterlibatan orang tua murid berada pada tingkat yang baik, keluarga secara aktif terlibat secara langsung , merupakan program unggulan TK Nurul Amanah , disusun secara sistematis, berorientasi pada perkembangan aspek seni dan aspek perkembangan fisik motorik anak.

References

Vera, Avanti. (2014). PT Remaja Rosdakarya. Sriwijaya University Learning and Education- International Conference 201 4 .

Sugiyono, 2009; 9) penelitian dasar .Suriasumantri (dalam Sugiyono, 2009; 9) penelitian dasar atau murni .Home PENDIDIKAN JENIS — JENIS PENELITIAN LENGKAP. .Rijal09 Penulis Rijal 09,Diterbitkan 3/08/2016.

Carol Seefelt & Nita Barbour, 1998 ; 13, dikutip dari buku pengelolaan kegiatan pengembangan PAUD 4407/modul 1-12.UT ) .

Anita Yus, 2011: 49. Model Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana

Direktorat Pendidikan Anak Dini. Dasar Pendidikan Anak Dini’ Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-04-01

How to Cite

Saidah, I. (2019). Pelibatan Orang Tua melalui Kegiatan Ngamen bareng di TK Nurul Amanah Cianjur. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i1.15

Issue

Section

Research Articles

Citation Check