PENERAPAN MODEL KONSELING EGO DALAM MEMBANTU MENGATASI EGO YANG LEMAH UNTUK PESERTA DIDIK

Authors

  • Ahmad Zuhdi

Abstract

Konselor di sekolah memiliki peranan yang penting untuk membantu menangani masalah peserta didik yang bermacam-macam. Proses belajar mengajar yang secara terus menerus yang dilakukan oleh para siswa serta tekanan-tekanan baik dari dalam diri maupun dari lingkungannya untuk mencapai hasil belajar yang maksimal terkadang membawa siswa/siswi pada batas kemampuan jasmaniahnya, hal ini membuat peserta didik mengalami kejenuhan, keletihan dan kebosanan dalam belajar. Kegiatan konseling adalah usaha memperkuat “ego strength” atau yang disebut dengan kekuatan ego. Dengan demikian orang yang bermasalah adalah orang yang memiliki ego yang lemah. Misalnya orang yang penakut, rendah diri, banyak lemah, tidak bisa mengambil keputusan termasuk orang yang memiliki ego lemah. Dikatakan demikian adalah karena orang yang keadaannya seperti itu tidak dapat memfungsikan egonya secara penuh, baik untuk menggerakkan dirinya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya maupun untuk meraih keinginan-keinginannya. Pada umumnya masalah-masalah yang dialami individu diwarnai oleh kuat dan lemahnya ego tersebut.Bimbingan dan konseling di sekolah madrasah sebagai sarana untuk mengatasi masalah-masalah peserta didik yang kompleks mengharuskan guru bimbingan dan konseling untuk melakukan tindakan yang tepat dalam membantu menyelesaikan permasalahan peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abimanyu, Soli dan Thayeb Manrihu, 2002, Teknik dan Laboratorium
Konseling, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Arifin, Isep Zainal, 2009, Bimbingan Penyuluhan Islam, Jakarta : PT raja
Grafindo Persada.

Bakran, M. Hamdani, Psikoterapi dan Konseling Islam, 2001, Yogyakarta :
Fajar Pustaka Baru

Hallen, Bimbingan dan Konseling, 2005, Padang : PT. Ciputat Press
Harianto, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, 1991, Jakarta : Balai Pustaka.
Jaya, Yahya, 2004, Bimbingan Konseling Agama Islam, Jakarta : Angkasa raya
Karneli, Yeni dan Taufik, 2001, Teknik dan Laboratorium Konseling, Jakarta :
Departemen Pendidikan Nasional

Lesmana, Jeanette Murad, 2008, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling,
Jakarta : UI Press

Margono, S, 2007, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Munandir, 2009, Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta : AV Pustaka Publisher

Nurihsan, Achmad Juntika, 2009, Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling,
Bandung : PT Rafika Aditama

Prayitno, Erman Amti, 2008, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta :
Rineka Cipta

Salahuddin, Anas, Bimbingan dan Konseling, 2010, Bandung : Pustaka Setia

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alvabeta

Sukardi, Dewa Ketut dan Nila Kusmawati, 2008, Proses Bimbingan dan
Konseling di Sekolah, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2008

Taufik, 2009, Model-model Konseling, Padang : Unoversitas Negeri Padang
Willis, Sofyan S, 2009, Konseling Keluarga, Bandung : Alfabeta
W.S.Winkel dan M.M. Sri Hastuti, 2007, Bimbingan dan Konseling di Institusi
Pendidikan, Yogyakarta : Penerbit Media Abadi

Yusuf, Syamsu, 2009, Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung : PT
Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2016-11-26