Pengembangan Modul Fisiologi Tumbuhan Berorientasi Konstruktivisme Dilengkapi Peta Pikiran

Authors

  • Lia Angela IAIN Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i1.360

Abstract

Mahasiswa membutuhkan suatu bahan perkuliahan yang dapat membantu dan memudahkan mereka dalam perkuliahan, serta dapat meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar. Karena itu, perlu dikembangkan bahan perkuliahan dalam bentuk lain, yakni modul berorientasi konstruktivisme dilengkapi peta pikiran yang valid, praktis dan efektif untuk perkuliahan Fisiologi tumbuhan di IAIN Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan penyebaran (dissiminate). Pada tahap define dilakukan analisis silabus, wawancara dengan dosen, dan analisis mahasiswa. Pada tahap design  dilakukan perancangan modul. Tahap develop terdiri atas tahap validasi, dan praktikalitas. Setelah dirancang, modul divalidasi oleh 4 orang validator. Untuk praktikalitas, modul diuji cobakan kepada mahasiswa semester VI B Progam Studi Pendidikan Biologi IAIN Kerinci. Kegiatan perkuliahan diamati oleh 1 orang observer. Melalui analisis data diperoleh data validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Data yang diperoleh dianilisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi  menunjukkan bahwa modul berorientasi konstruktivisme dilengkapi peta pikiran sudah sangat valid dari segi isi dan konstruk. Berdasarkan analisis data praktikalitas diperoleh bahwa modul berorientasi konstrutivisme dilengkapi peta pikiran sudah sangat praktis digunakan dalam perkuliahan Fisiologi Tumbuhan, terlihat dari pelaksanaan perkuliahan yang sesuai rencana dan efisien waktu, petunjuk modul jelas, isi modul sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kata kunci: Modul, Fisiologi Tumbuhan, Kontruktivisme, Peta Pikiran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, T. (2008). Peta pikiran Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Depotter, B & Mike, H. (2010). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jones, et al. (2012). The Effects of Mind Mapping activities on Students’ Motivation. International Journal for The Scholarship Of teaching And learning. Vol. 6. No. 1(January 2012). Georgia Southerm University.
Gunawan. (2013). “Mendambakan Perguruan Tinggi Berkualitas” Jurnal 2013. Guru Besar FMIPA ITB Bandung.
Hayati, I., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan Belajar Antara Siswa IPA dan IPS. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(1), 1-10. doi:10.32939/tarbawi.v14i1.250
Novallyan, D. (2012). “Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Mata Kuliah Biologi Sel di Perguruan Tinggi”. Tesis. Padang: Program Pascasarajana Universitas Negeri Padang.
Nurhadi & Agus, G. S. (2003). Pembelajaran Konstektual (Contextual Taeching and Learning) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Prayitno, et al. (2002). Alat Ungkap Masalah PTSDL Format 1-PT. Padang: Program Studi Bimbingan Konseling Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP IKIP Padang.
Prayitno. (1997). Pedoman AUM PTSDL. Padang: UNP.
Purnawati. P. (2010). “Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa”. Jurnal. 2010. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rangkuti, siti maya sari, Nindi, & Dian. (2010). Penerapan Metode Belajar Menggunakan Mind Map untuk Membangun Cara Berpikir Sistematis Siswa Sekolah Dasar. PKM gagasan tertulis. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Ramli, M. (2006). Pembelajaran Sains Menyenangkan dengan Metode Konstruktivisme. Jurnal Teori Pembelajaran Konstruktivisme. 2006. Vol 1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta FITK.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujadi, E. (2017). Penerapan Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok Untuk Meningkatkan Nilai Kejujuran Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 97-108Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Sujadi, E., & Wahab, M. (2018). Strategi Coping Korban Bullying. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 21-32.
¬______. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Vembrianto. 1981. Pengajaran Modul. Yogyakarta: Paramita.,121-140.
Wahyuningsih, A. N. 2011. Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP. Vol. 1. No. 2.

Published

2019-06-30