MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (PTKIS) | Ramdhan | Jurnal Perspektif

MANAJEMEN MUTU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA (PTKIS)

Dadan F Ramdhan, Hariman Surya Siregar

Abstract


Tujuan, penelitian ini untuk mengungkap manajemen mutu pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan objek penelitian salah satu PTKISa di Kota bandung dan Kabupaten Garut. Adapun teknik yang diterapkan dalam pengumpulan data ini yakni melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan peneliti, dalam tahap perencanaan terdapat beberapa tahapan kebijakan yang ditempuh: Penataan, Penertiban, dan Penguatan Kelembagaan; Standarisasi Akademik Perguruan Tinggi Agama Islam; Peningkatan Mutu dan Kesejahteraan Dosen (Peningkatan Kualifikasi dan Sertifikasi), pengembangan Program Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, pengembangan Program Bidang Ketenagaan, pengoptimalan Program Bidang Bantuan. dalam Pelaksanaan Manajemen Mutu : Membangun Strategi Pengembangan, Menciptakan trust dan confidence untuk stakeholder, Membangun competitive advance centres, Mengembangkan ICT  (Information and Communication Technology), Membangun  profesionalisme,  menjamin kualitas dan menjaga hubungan baik dengan stakeholder, Membangun kerjasama dengan institusi lain, mengembangkan komitmen ke-Islaman pada Civitas akademika. Evaluasi yang digunakan untuk adalah terdiri dari: penilaian konseptual yang dapat dikembangkan meliputi: Pengembangan keilmuan; model konseptual perencanaan strategik pengembangan mutu akademik, konsep manajemen mutu, dan konsep manajemen mutu berbasis Qur'ani.


Keywords


Manajemen mutu, PTKIS

References


Ahmad Tafsir, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2001

Anwar,I. (2004), Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Abbas, S. (2008), Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana

Ahmadi, (2005), Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar,

Arifin, M (2006), Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama

, Jakarta: PT. Golden Trayon Press

Depdiknas.(2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Dryden, Gordon dan Vos Jeannete, (2003), Revolusi Cara Belajar, Bandung: Mizan Media Utama.

Fattah, Nanang,(1999), Landasan Manajemen Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

_________.(2002), Ekonomi dan Pendanaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hardjosoedarmo, Soewarso. 2004. Total Quality Management. Penerbit Andi : Yogyakarta

Hajanto. (2005), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, M.(2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2005), Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung, Sinar Baru Al-Gesindo.

Haludi, K dan abdirrohim. 2007. Integrasi Budi Pekerti dalam Pendidikan Agama Islam. Solo: Tiga Serangkai.

Hanif, A. (2008), Manajemen Penjaminan Perguruan Tinggi di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Imam Machali dan Adhi Setiyawan 2010.(ed), Antologi Kependidikan Islam, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah.

Iskandar. (2008), Metodolodi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif), Jakarta: Gaung Persada Press.

Indrajat, E. (2006), Manajemen Perguruan Tinggi, Yogyakarta, Andi

Muqodim, (2006) Manajemen Perubahan Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Ekonosia

Mulyasa, E. (2007), Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E.(2002), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasana, D. (2012), Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution M.N. M.Sc,. (2001). Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management, Penerbit Ghalia Indonesia.Jakarta

Oemar hamalik 2007. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya

Nasution. (2002) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito

Permadi, D. (2001), MBS dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah, Bandung: Sarana Panca Karya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses,

Ridwan. (2004), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta

Sagala, S. (2005), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

______ (2006), Total Quality Management, Kogan Page Ltd, London

Sam, T. (2005), Kebijakan Pendidikan Era Otda, Jakarta: Raja Grafindo

Sergovani (2005), Organization, behavior, process, London, Kogan Page.

Siagian, S. (2000), Manajemen Abad 21, Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata, N. (2006), Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah, Bandung: Refika Aditama.

Suparno, Paul. (2008). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Syafaruddin.( 2002), Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Tampubolon, Daulat.P. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu (Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke-21). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tilaar, HAR. (2002), Pendidikan Hanya Dimiliki Oleh Pemerintah Dengan Birokrasinya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bandung

Thomas.(2000), Tipe Skema Klasifikasi dalam Anggaran, Trigenda. Bandung

Fandi Tjiptono, (2001), Kualitas jjasa : Pengkuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia No. 03 Maret, 2001, Jakarta

Umiarso dan Imam Gojali, (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan; ‘menjual’ mutu pendidikan dengan pendekatan quality control bagi pelaku lembaga pendidikan, Yogyakarta: Ircisod




DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jp.v3i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Perspektif is indexed By: