PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Main Article Content

Devi Eka Prisiani
Rohmalia Wahab
Agustiany Dumeva Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran mtematika di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 94 siswa. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu X.1 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas control. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai keempat kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan kelas kntrol dengan metode ceramah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Pada pertemuan kelima kedua kelas dilakukan post-test untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman konsep mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan Reciprocal Teaching didapat

Article Details

How to Cite
Prisiani, D. E., Wahab, R., & Putri, A. D. (2017). PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 214-228. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1249
Section
Artikel

How to Cite

Prisiani, D. E., Wahab, R., & Putri, A. D. (2017). PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 214-228. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1249