STUDI KASUS KUALITAS LABORATORIUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk memotret kualitas laboratorium media pembelajaran matematika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Kualitas tersebut ditinjau dari: (1) fasilitas penunjang laboratorium, (2) program layanan laboratorium, dan (3) pemanfaatan media pembelajaran yang dihasilkan oleh laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini melibatkan lima subjek penelitian yang merupakan pengampu mata kuliah yang memanfaatkan laboratorium dan pengelola program studi sebagai pembuat kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas penunjang laboratorium sudah cukup mampu menunjang kegiatan akademik pada program studi pendidikan matematika. Hal yang perlu ditingkatkan di antaranya adalah bengkel pengembangan media pembelajaran yang dianggap memiliki kedudukan yang paling penting. Terdapat lima layanan laboratorium yang ditawarkan, di mana dua diantaranya berjalan dengan cukup berhasil ditinjau dari aksesibilitas dosen dan mahasiswa, yaitu (1) layanan perpustakaan dan (2) layanan praktikum. Sedangkan dari aspek pemanfaatan produk, media pembelajaran yang dihasilkan oleh laboratorium masih diakses oleh kalangan internal dengan pertimbangan: (1) uji keefektifan penggunaan produk yang belum dilaksanakan, (2) ketahanan produk yang masih harus ditingkatkan, dan (3) banyaknya produk yang dihasilkan masih terbatas
Article Details
How to Cite
Istiandaru, A., Istihapsari, V., & Fitriyani, H. (2017). STUDI KASUS KUALITAS LABORATORIUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 214-222. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1743
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Istiandaru, A., Istihapsari, V., & Fitriyani, H. (2017). STUDI KASUS KUALITAS LABORATORIUM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 214-222. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i2.1743