Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016

Authors

  • Kadek Mega Rahayuni Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12789

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, yang didalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas  dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa pada Siklus I sebesar  7,02 yang berada pada kategori cukup aktif dan pada Siklus II meningkat menjadi 9,48 yang berada pada kategori aktif. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I,  ketuntasan belajar diperoleh persentase sebesar 71,43 % dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 88,57 %.

 

Kata kunci :  Aktivitas , Hasil Belajar Siswa, Group Investigation

Downloads

Published

2016-12-05

Issue

Section

Articles