Organisasi Salah Satu Faktor Pendukung Prestasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Kadek Rai Suwena Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja - Indonesia
  • Made Ary Meitriana Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v6i2.16301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan, (2) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan, dan (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatiif dengan metode komparatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Undiksha, sedangkan objek penelitian adalah prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Independent-Sample T-Test yang diolah dengan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata nilai prestasi belajar mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 3,36. tergolong dalam kategori sangat baik (2) rata-rata nilai prestasi belajar mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan sebesar 2,80 tergolong dalam kategori baik (3) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi Undiksha, dengan perolehan thitung > ttabel (8,974 > 1,969).

Downloads

Published

2018-12-12

Issue

Section

Articles