STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB

Authors

  • Masyudi Masyudi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672

Keywords:

Kemandirian Belajar, strategi pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Strategi pembelajaran Ekspositori

Abstract

Penelitian ini untuk menguji peredaan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Strategi pembelajaran Ekspositori, perbedaan hasil belajar terhadap peserta didik berkemandirian tinggi dan rendah, dan pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran pembelajaran kooperatif model  Student Teams Achievement Division (STAD) dan Strategi pembelajaran Ekspositori, Hasil dan kesimpulan penelitian diperoleh (1) Hasil belajar bahasa Arab dalam Strategi pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibanding hasil belajar dengan Strategi pembelajaran Ekspositori (2) Terdapat pengaruh interaksi antara Strategi pembelajaran dan Kemandirian Siswa peserta didik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. (3) Terdapat Perbedaan hasil belajar bahasa Arab. Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik yang memiliki Kemandirian Tinggi yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Bahasa Arab peserta didik yang dibelajarkan dengan Strategi pembelajaran Ekspositori.

References

Arief, Z. A. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

dan Mohammad Asrori, M. A. (2006). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Grafika, R. S. (2009). Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hanafi, dan cucu S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayatullah, M. S. (2017). Cakrawala Lingustik. Arab, Jakarta: PT. Gramedia.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A. dan A. H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kunandar. (2006). Guru Proposional Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Madjid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & media pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siregar, E. dan H. N. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2003). Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2009). Cooperatif Learning. Jakarta: Garasindo.

Suyitno, I. (2011). Memahami Tindakan Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyono, dan H. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Masyudi, M. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 247–262. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672

Issue

Section

Artikel