MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DI SEKOLAH K-LINK CARE CENTER JAKARTA)

Authors

  • Tony Suhartono Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1673

Keywords:

manajemen sekolah, anak berkebutuhan khusus, k-link care center jakarta

Abstract

Manajemen pendidikan sangat banyak dan begitu variatif untuk murid atau anak pada umumnya. Akan tetapi, bagi sekolah khusus manajemen pendidikan mungkin berbeda dan belum banyak dikaji. Masih banyak institusi sekolah yang kesulitan menerima anak berkebutuhan khusus. Metode yang dipergunakan dalam peneliti ini adalah kualitatif, berupa penelitian langsung mengamati objek yang dijadikan sasaran penelitian, yaitu model manajemen sekolah dalam pembentukan karakter Islami untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah K-Link Care Center Jakarta. Dari hasil penelitian terungkap bahwa model manajemen Sekolah Islami untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah K-link Care Center ini didasarkan kepada desentralisasi dan memiliki kurikulum nasional. Tujuan pendidikannya merujuk pada nilai-nilai kenabian, sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum berasal dari materi Al-Qur’an dilakukan sebagai pembiasaan. Metode yang dipergunakan disesuaikan dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Kurikulum dan evaluasi penilaian pembelajaran di sekolah K-link Care Center dengan menganalisis perkembangan anak per semester, dan tidak memiliki ijazah setelah menyelesaikan tugasnya di sekolah tersebut.

References

Alimin, Z. (n.d.). No Title. In BIASA/195903241984031-ZAENAL. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.PEND.LUAR BIASA/195903241984031-ZAENAL ALIMIN /MODUL1UNIT2.pdf

Asy’ari, S. I. (1981). Metodologi Penelitian. Surabaya: Usdaha Nasional.

dkk, T. H. T. (2001). Tafsir Pase. Jakarta: Bale Kajian Al-Qur’?n Pase.

Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: CV. Pustaka Bani Quraisy.

Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Miller, J. K. M. I. (1986). Reliability and Validity in Quallitative Research. Beverli Hill: Sage Publication.

Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis karakteristik. Jakarta: Grasindo.

Saefullah. (2012). Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sunarya. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep Kebijakan dan Implementasi dalam Perspektif Pendidikan Luar Biasa). Jurusan PLB FIB-Februari.

Tadbir. (n.d.). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Retrieved from www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view

Tafsir, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thabrani, H. A. (2013). Profesionalisme kepala sekolah, CV. Dhanama Kreatif Mandiri.

Zaenudin, M. (2015). Tesis, Manajemen Pendidikan Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Asrama Yaketunis Jogjakarta. Jogjakarta: UIN Sunan Kali jaga.

Downloads

Published

2019-03-25

How to Cite

Suhartono, T. (2019). MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DI SEKOLAH K-LINK CARE CENTER JAKARTA). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 227–246. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1673

Issue

Section

Artikel