KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP UU SISDIKNAS NO. 20 TAHUN 2003

Authors

  • Muhamad Sofian Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165

Abstract

Peran pendidikan sangatlah penting. Pentingnya pendidikan itu banyak diisyaratkan oleh Allah ? di dalam al-Qur’?n. Dalam menyelenggarakan pendidikan nasional diterbitkannya UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah ingin mengetahui konsep pendidikan Islam dalam perspektif Ibnu Khald?n. Kemudian tujuan kedua adalah ingin mengetahui relevansi antara konsep pendidikan Islam dalam perpektif Ibnu Khald?n dan UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Dalam perspektif Ibnu Khald?n dengan UU No. 20 Tahun 2003 meliputi hakikat manusia, landasan ideologis pendidikan, tujuan pendidikan, kurikulum pendidikan, metode pendidikan, pendidik dan peserta didik, dan lingkungan pendidikan. Gagasan Ibnu Khald?n tentang hakikat manusia dan tujuan pendidikan dapat kita lihat relevansinya dengan pasal 3. Gagasan kurikulum dapat kita lihat relevansinya dengan pasal 37 ayat 1 dan 2. Tentang metode pendidikan dapat kita lihat relevansinya dengan pasal 4 ayat 4 dan 5. Tentang pendidik dan peserta didik dapat kita lihat relevansinya pada pasal 40 ayat 2 bagian (c), pasal 40 ayat 2 bagian (a), pasal 39 ayat 2, pasal 42 ayat 1, dan pasal 12 ayat 2. Kemudian tentang peran serta orang tua dan masyarakat dapat kita lihat relevansinya pada pasal 1 ayat 25. Hanya saja konsep pendidikan tersebut belum berjalan secara optimal sehingga tujuan pendidikan masih belum sesuai dengan harapan.

Keywords : Ibn Khald?n, Pendidikan Islam, UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

References

Daud ,Wan Mohd. Nor Wan, The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Terj. Hamid Fahmi dkk, Bandung: Mizan, 1998

Hasyim, Hafidz, Watak Peradaban Dalam Epistemologi Ibnu Khald?n, Jember: Pustaka Pelajar, 2012

Isjoni, Bersinergi dalam Perubahan Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Global, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2008

Khaldun, Ibnu, Al-‘Ibar, wa al-Diwan al-Mubtada’ wa al-Khabar, fî Ayyâm al-‘Arab wa al-‘Ajam wa al-Barbar, wa man sharuhum min dzawî al-Sulthâni al-Akbar, Jeddah: Baitul Afkar Ad Dauliyah, 2000

Khald?n, Ibnu, Muqaddimah Ibnu Khald?n, Terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000

Kosim, Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khald?n: Kritis, Humanis, dan Religius, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012

Nata, Abuddin, Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006

Raliby, Oesman, Ibnu Khald?n Tentang Masyarakat dan Negara, (Jakarta: Bulan Bintang, 1962

Ramayulis dan Samsul Nizar, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam: Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia, Jakarta: Quantum Teaching, 2005

Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2008

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) No. 20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2016

Wafi, Ali Abdul Wahid, Ibnu Khald?n: Riwayat dan Karyanya, Terj. Ahmadie Thoha, Jakarta: Gratipers, 1985

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Sofian, M. (2019). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP UU SISDIKNAS NO. 20 TAHUN 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 311–330. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i2.1165

Issue

Section

Artikel