PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES PENYIAPAN WARGA NEGARA

Authors

  • Gunawan Ikhtiono Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i1.1133

Abstract

Landasan yang menguatkan pendidikan kewarganegaraan adalah al-Qur’an surat An-nissa yang menyatakan bahwa mentaati pemerintah sama halnya dengan mentaati Rasul, mentaati Rasul berarti juga mentaati Allah swt. Ada garis sejajar antara perintah mentaati Negara dengan mentaati Tuhan, dalam hal ini Allah swt. Meskipun demikian, masih perlu adanya penafsiran atas ayat tersebut agar tidak menjadi tujuan akhir beragama dan tujuan bernegara. Ini jugalah yang membedakan doktrin dalam agama, Islam tidak memandang Hak Negara adalah Hak Agama, selama masih dalam/tidak bertentangan dengan syariat Islam apapun bentuknya ketata negaraan tidak menjadi persoalan.

Muara dari semua proses itu adalah terwujudnya Negara yang Baldatun toyibun warafun ghofur. Negara yang baik dan penuh kedamaian, rakyat menikmati kehidupan dan beribadah dengan tenang. Gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo. Kemakmuran, kesejahteraan, serta kemandirian masyarakat berdasarkan Pancasila yang nilai-nilainya berdasarkan Qur’an dan Hadist Nabi. Kemudian menyebarkan rahmat ke seluruh dunia, Rahmatan lil ‘alamin, amin.

 

Keywords : landasan pendidikan, warga negara, negara yang ideal

References

Abd. Rahman Assegaf, Internasionalisasi Pendidikan, Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-negara Islam dan Barat, penerbit Gama Media, Yogyakarta, 2003.

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Disusun Oleh Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan Tim Sosialisasi 4Pilar. Sekjen MPR RI, Jakarta, 2012.

H.A.R. Tilaar, Manifesto Pendidikan Nasional, penerbit Kompas Media, Jakarta, 2005.

Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, penerbit Al-Maarif, Bandung, tt.

http///Aceng Kosasih, Konsep Masyarakat Madani, di unduh pada tanggal 9 Januari 2015.

Jimly Asshiddiqie, Format Kelembagaan Negara dan Pergeseran Kekuasaan Dalam UUD 45, penerbit UII Pers, Yogyakarta, 2005.

Mahmud Yunus, Metode Khusus Pendidikan Agama, penerbit Hadi Karya Agung, 1997.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, penerbit Logos Wacana Ilmu. Jakarta, 2000.

Muhammad Fadhil Al-Jamali, Filsafat Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Terjemahan Yudi al-Falasany, penerbit Bina Ilmu, Surabaya, 1986.

Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an, Penerbit Mizan, Bandung, 1999.

Zuhairini dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama, penerbit IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Downloads

Published

2018-04-26

How to Cite

Ikhtiono, G. (2018). PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES PENYIAPAN WARGA NEGARA. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.32832/tawazun.v8i1.1133

Issue

Section

Artikel