Evaluasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter Prodi PGMI FTK UIN Antasari Banjarmasin

Authors

  • Waluyo Satrio Adji Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Antasari
  • Rahmad Rahmad Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Antasari
  • Bima Ramadhan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Antasari

DOI:

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2365

Abstract

Tujuan dalan penelitian ini adalah (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan PGMI angkatan 2014 dalam memilih mata kuliah pilihan, (2) mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan PGMI angkatan 2014 dalammemilih mata kuliah pilihan jurusan. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memberi kuesioner yang harus diisi mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan karakter. Responden penelitian adalah mahasiswa PGMI FTK UIN Antasari tahun angkatan 2014, sedangkan yang menjadi sample dalam tahapan uji coba adalah mahasiswa PGMI FTK UIN Antasari angkatan 2015.Hasil penelitian memaparkan (1) faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan PGMI angkatan 2014 dalam memilih mata kuliah pilihan jurusan PGMI UIN Antasari Banjarmasin, antara lain orang tua, teman sebaya, genderm kepribadian (minat dan motivasi), citra perguruan tinggi,prospek pekerjaan. (2) faktor yang dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa jurusan PGMI angkatan 2014 adalah faktor gender dan prospek pekerjaan. Presentase 43 mahasiswa atau sebesar 57,3% memilih bahwa mata kuliah pendidikan karakter untuk semua jenis kelamin. Presentase prospek pekerjaan sebesar 42 mahasiswa atau 56% memilih setuju bahwa pendidikan karakter bermanfaat untuki pekerjaan di masa depan.

References

Al-Suyuti, Jalaluddin. 1992. Jami’us Shogir. Surabaya: Dar-Al Nasyr Al Mishriyah.

Aunillah, Nurla Isna. 2013. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta : Penerbit Laksana.

Andayani Dian dan Abdul Majid. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Intrusional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

_____ . 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

_____. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Daryanto, 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Hayati, Mimin. 2008. Model dan teknik penilaian pada tingkat satuan pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Moleong, L.J. 2009. Cetakan ke-26. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta: Rake Sarasin

Purwanto. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusdianto, (ed.).2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogjakarta: DIVA Press.

Sudijono, Anas. 1996 . Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Soehartono, Irawan. 2002. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suharsimi Arikunto dan Safruddin Abdul Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih 2008. cet. Ke-4. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya

Toha, Chabib. (1996) Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Widoyoko, Eko Putro. (2011) Evaluasi Program Pembelajaran. Yoyakarta: Pustaka Pelajar

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Adji, W. S., Rahmad, R., & Ramadhan, B. (2018). Evaluasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter Prodi PGMI FTK UIN Antasari Banjarmasin. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 85–106. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2365