Pendidikan Informal Sikap Toleransi Anak (Eksternalisasi Sikap Toleransi Anak dalam Keluarga Multiagama di Desa ‘Pancasila’ Turi Lamongan Jawa Timur

Authors

  • Nasruddin . Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3397

Keywords:

Toleransi, Pancasila

Abstract

Balun dikenal dengan sebutan desa Pancasila. Ada 3 agama hidup dan berkembang di Balun. Pemeluk ketiga agama tersebut  hidup secara rukun, harmoni dan bertoleransi. Kehidupan ini tidak bisa dilepaskan dari peran lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Balun. Namun, lembaga pendidikan yang memiliki peran sangat penting dalam membentuk sikap toleransi pada anak adalah lembaga pendidikan informal. Dalam menamamkan sikap toleransi pada anak, keluarga multiagama melakukan proses eksternalisasi sikap toleransi melalui pendidikan informal, sehingga tulisan ini memfokuskan kajiannya pada ‘eksternalisasi sikap toleransi anak melalui pendidikan informal dalam keluarga multiagama di Balun Turi Lamongan. Tujuan ini adalah menguraikan proses eskternalisasi sikap toleransi anak melalui pendidikan informal dalam keluarga multiagama di Balun Turi Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan peneliti sebagai kunci utama. Untuk mendapatkan data, tulisan menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model Spreadly. Penelitian ini menemukan proses eksternalisasi sikap toleransi anak melalui pendidikan informal dalam keluarga multiagama di Balun Turi Lamongan dalam bentuk (i) pengucapan ‘selamat hari raya’, (ii) menerima perbedaan dan saling menghormati, dan (iii) tidak mendeskritkan ibadah umat lain. Proses eskternalisasi dalam ketiga bentuk tersebut adalah (a) menyesuaikan diri dengan masyarakat terkait sikap toleransi yang ada, (b) menggunakan pesan singkat (WA, SMS, atau lainnya) sebagai media penyesuaian diri atas sikap toleransi di masyarakat, (b) mengajak anak-anak langsung bertamu dan ketemu dengan orang-orang berbeda agama satu persatu atau dari rumah ke rumah sebagai identifikasi diri, (d) mencontohkan anak-anak bersikap toleransi di masyarakat berdasarkan pengetahuan sebelumnya, dan (e) menemukan pijakan atau sandaran dalam membentuk sikap toleransi anak.

References

Mackey, Alison. Second Language Research: Methodology and Design. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc. 2005.
Thomas R. Lindlof. Qualitative Communication Research Methods. USA: SAGE Publications, Inc. 1995.
Mudrajat Kuncoro. Metode Riset. Jakarta: Erlangga. 2003.
Bruce L Berg. Qualitative Research Methods for the Social Science. USA: Allyn dan Bacon, 1989.
Matthew Miles B & A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjejep Rohendi. Jakarta: UI, tt.
Donald Ary et.all. Introduction to Research in Education. USA: Holt Rinehart and Winston, tt.
James Dean Brown. Understanding Research in Second Language Learning. NY: Cambridge Univ. Press, tt.
M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: ar-Ruz Media. 2012.
J. W. Creswell. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Traditions, Thousand Oaks: Sage, 1998.
___________. Mixed Method Research: Introduction and Application, dalam G. J. Cizek, Ed. Handbook of Educational Policy. San Diego: Academic Press, 1998.
Sanapiah Faisal. Format-format Penelitian Sosial: Dasar –dasar dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Masykuri Bakri, Dkk. Metode Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: LP UNISMA Malang, 2013.
Jan Jocker dan Bartjan Pennink. The Essence of Research Methodology: A Concise Guide for Master and PhD Students in Management Science. Berlin: Springer, 2010, 80-81.
James Spreadly. Participant Observation. USA: Holt Rinehart and Winston, 1980.
David Silvermen. Interpreting Qualitative Data: Methods for Analyzing Talk, Text, and Interaction. Great Britain:
the Crowell Press, ltd, 1995, 8-19.
John W. Creswell. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Ibrahim Bafadal dan Masykuri Bakri. Metode Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: LP UNISMA dan Visipress Media, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Downloads

Published

2019-03-16

How to Cite

., N. (2019). Pendidikan Informal Sikap Toleransi Anak (Eksternalisasi Sikap Toleransi Anak dalam Keluarga Multiagama di Desa ‘Pancasila’ Turi Lamongan Jawa Timur. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 57–88. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i1.3397

Issue

Section

Articles