Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusanan Nasabah Bank OCBC NISP Medan Dalam Pemilihan KPR Konvensional Dan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan nasabah Bank OCBC NISP Medan dalam pemilihan KPR Konvensional dan Syariah. Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah yang mengambil KPR Konvensional dan Syariah di Bank OCBC NISP Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah tekniknon probability samplingtepatnya accidental sampling. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis OLS (Ordinary Least Square) dalam program Eviews 8.0yang didukung dengan uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedasitas. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data disimpulkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah, dengan pengaruh sebesar 23 % pada produk KPR konvesional dan 28,4% KPR pada produk syariah. Harga pada KPR konvensional memiliki pengaruh sebesar 28,6% dan 1,8% untuk KPR syariah. Promosi mempengaruhi sebesar 15,9% untuk KPR konvensional dan 9,8% untuk kpr syariah, sedangkan lokasi pada KPR konvensional berpengaruh sebesar 19,2%dan 36 % untuk KPR syariah.