Efektifitas Pendekatan Dicovery Learning dalam Bimbingan Kelompok Topik Tugas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Asradi Asradi, Freddi Sarman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan penggunaan pendekatan Discovery Learning melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada perubahan atau peningkatan kepercayaan diri mahasiswa setelah diberikan perlakuan terhadap layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan discovery learning dalam layanan bimbingan kelompok topik tugas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen, menggunakan satu kelompok desain pretest posttest. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subyek penelitian adalah sepuluh orang yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilakukan di program studi Bimbingan dan Konseling, instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pretest adalah 77,5 dan posttest 101,8. Kemudian untuk menguji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,005 < 0,005, sehingga Ho dapat ditafsirkan ditolak dan Ha diterima, disimpulkan bahwa ada perubahan atau peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberi perlakuan dari layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan discovery learning.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Discovery Learning, Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Asiyah, N. 2013. Pola Asuh Demokratis, kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol 2, No. 2 hal 108-121.

Fiorentika, K., Santoso, D. B & Simon, I.M. 2016. Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol I. No. 3. Hal, 104-111.

Marjanti, S. 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok bagi Siswa X IPS 6 SMA BAE Kudus Tahun Ajaran 20014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2 Tahun 2015 ISSN 2460-1187.

Muhammad, N. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 09; No. 01; 2016; 9-22.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suhadita. K. 2011. Efektifitas PenggunaanTeknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal No. 1.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i3.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id