Model Direct Instruction Dalam Pembelajaran Batik Jumput Kelas V Di Semarang

A. Syaiful Rudiyanto(1*), Deni Setiawan(2),

(1) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/njad.v1i2.6665

Abstract


Materi SBK di kelas V SDN Bojong Salaman 02 Semarang belum disampaikan secara optimal, salah satunya materi membuat batik jumput. Sarana prasarana yang tidak tersedia dan pengetahuan guru yang terbatas menjadi alasan materi belum tersampaikan sepenuhnya. Masalah muncul ketika ada hambatan dalam mengerjakan tugas, semangat siswa berkurang sehingga tugas tidak terselesaikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SDN Bojong Salaman 02 Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan data kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen karena nilai signifikansi > 0,05. Rata-rata persentase aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 64,9 % dan rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,4 % Hasil uji gain diketahui indeks gain kelas kontrol sebesar 0,388 dengan kategori sedang, indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,397 dengan kategori sedang. Harga t hitung berada diantara – 2,0058 dan 2,0058 yaitu sebesar 0,1367 dengan dk = 53, sehinga Ho diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen menggunakan model direct instruction. Simpulan penelitian ini yaitu  model direct instruction memberikan pengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dalam materi membuat batik jumput pembelajaran SBK.


Keywords


batik jumput; direct instruction; SBK,.

References


Al-Makahleh, A.A.A., 2011. “The Effecy of Direct Instruction Strategy on Mat Achievement of Primary 4th and 5th Grade Students with Learning Difficulties”. Canadian Center of Science and Education, 4(4). 203.

BSNP. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kurikulum Mata Pelajaran SBK. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikuum Departemen Pendidikan Nasional.

Huda, Miftakhul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Sukmana, Eis., Lestari, R., Karno, R. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) disertai Media Gambar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tambusai Utara”. FKIP. Universitas Pasir Pengaraian.

Susiana, R., Wening, S. 2015. “Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Multimedia Terhadap Motivasi Belajar dan Pencapaian Kompetensi Pembuatan Desain Busana”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3). 377-393.

UURI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 1087 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Seni Rupa PPs Universitas Negeri Makassar.

Alamat Jl. Bonto Langkasa Gunung Sari Makassar, 90222

Kampus PPs UNM Makassar, Indonesia. Email: ijad@unm.ac.id

Creative Commons License
Nuansa Journal of Arts and Design is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

NJAD indexed by