Paradigma Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Teoretis dan Praktis

  • Sri Tuti Rahmawati Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta
Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan karakter

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kerangka dasar pendidikan karakter yang digagas oleh para ahli baik dari sisi normatif maupun praktisnya. Konsep pendidikan karakter menegaskan bahwa terjadinya keseimbangan antara kemampuan kognitif dan aktifitas sosial yang memperhatikan prilaku simpati, empati, toleran dan keseimbangan diri dalam menjaga kepentingan individu dan kelompok dengan kesadaran dan kepatuhan pada hukum yang kuat. Dalam pendidikan karakter terjadi proses penguatan pemahaman tentang moral dan pengamalan nilai-nilai kebaikan melalui proses internalisasi.

Published
2018-12-11
Abstract viewed = 976 times
pdf downloaded = 472 times
How to Cite
Sri Tuti Rahmawati. (2018). Paradigma Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Teoretis dan Praktis. Qiro’ah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1-26. https://doi.org/10.33511/qiroah.v1i2.26