Pengujian Sistem Customer Relationship Management (CRM) pada Perusahaan Petrokimia Menggunakan ISO/IEC 9126

Abstract

Perusahaan-perusahaan petrokimia saat ini sebagian besar sudah menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk dapat menciptakan one-to-one relationship dengan pelanggan dan mempertahankan retensi pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada  perusahaan petrokimia  PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk. untuk menguji kualitas sistem CRM yang telah diimplementasikan di perusahaan petrokimia tersebut dengan menggunakan ISO/IEC 9126 yang merupakan standard evaluasi untuk produk terutama software yang mencakup model kualitas dan metric. Dengan demikian dalam pengujian kualitas software akan diuraikan mengenai faktor-faktor mengenai taxonomi dari Sistem CRM di PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk.  . Di dalam standard ISO/IEC 9126 diuraikan secara umum karakteristik yang kemudian diuraikan lagi menjadi sub karakteristik sebagai tolok ukur software, yang menjadi framework untuk mengevaluasi Sistem CRM di PT. Lottechem Petrokimia Nusantara, Tbk.