ANALISIS KEMAMPUAN GENERIK SAINS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI PADA PRAKTIKUM ANATOMI TUMBUHAN

Novianti Muspiroh(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterampilan generik sains merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru biologi. Dalam satu proses praktikum (eksperimen) mata kuliah Anatomi Tumbuhan mahasiswa calon guru biologi dituntut untuk dapat terampil tidak saja pada aspek psikomotorik tetapi juga menganalisis dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keterampilan generik sains mahasiswa calon guru biologi pada praktikum anatomi tumbuhan dari ragam pengamatan, pemodelan dan inferensi. Kemampuan generik sains di perguruan tinggi salah satunya adalah melakukan pengamatan langsung, melakukan pemodelan maupun menggunakan inferensi logis. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan metode analisis kuantitatif dari data kualitatif deskriptif terhadap laporan akhir eksperimen mahasiswa dalam kegiatan praktikum. Objek penelitian adalah mahasiswa semester 2 berjumlah 38 orang di IAIN SN Cirebon. Berdasarkan hasil analisis data pada ragam pengamatan diperoleh KGS  sedang. Pada ragam pemodelan dan inferensi diperoleh KGS tinggi. Dengan demikian masih diperlukan bimbingan secara intensif guna meningkatkan KGS bagi mahasiswa calon guru biologi.

 

Generic science skills are basic skills that must be held by prospective teachers of biology students. In the process of practicum (experimental) Plant Anatomy subject, prospective teachers of biology students are required to be skilled not only in the psychomotor aspect but also in analyzing and solving problems. This research aims to reveal the generic skills of prospective teachers of biology student at the anatomy of plants from various observations, modeling and inference. Ability of generic science in college one of them is a direct observation, perform modeling and logical inference. This research was descriptive using methods of quantitative analysis of qualitative data descriptive of the final report of a student experiment in lab activities. Object of research is the second semester students, amounting to 38 people at the IAIN SN Cirebon. Based on the analysis of data on a variety of observations were obtained KGS. On a variety of modeling and inference obtained high KGS. Thus, intensive guidance is still needed to improve the KGS for prospective teachers of biology students.


Full Text:

PDF

References


Margono, H. (2000). Metode Laboratorium. Malang: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Press.

Widodo, Wahono. (2009). Download 15 April 2012. http://vahonov.files.wordpress.com/2009/07/tinjauan-tentang-keterampilan-generik.pdf)

Gunawan. et al. (2009). Developing Virtual Laboratory for Teaching Modern Physics. Proceeding International Seminar on Science Education, 386-395.

Ibid

Taufiq dan Wiyono, K. (2009). The Application of Hypothetical Deductive Learning Cycle Learning Model To Improve Senior High School Students’ Science Generic Skills On Rigid Body Equilibrium. Proceeding International Seminar on Science Education, 641-648.

Achmad Samsudin dan Heni Rusnayati. (2011). Profil Kemampuan Generik Sains Calon Guru Fisika dalam Kegiatan Eksperimen Fisika Dasar I, http://pendidikansains.blogspot.com/2010/07/profil-kemampuan-generik-sains-calon.html,

Sudarmin dan Retno Dwi Suyanti. (2012). Potret kemampuan Generik Sains Pengamatan Calon Guru Kimia dan Implikasinya pada Pembelajaran Kimia. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/11093541.pdf

Widodo Wahono. Lock cit

Nuryani Y Rustaman, Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Pendidikan Sains dan Asesmennya. http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/195012311979032-NURYANI_RUSTAMAN/KDBI_dalamDIKSainsFINAL.pdf

Hasbi(2011).KBK. http://www.unhas.ac.id/hasbi/LKPP/Hasbi-KBK-SOFTSKILL-UNISTAFF-SCL/P3AI-Unhas/1.13%20Praktikum%20(Frans).ppt

Mubarrak, L. (2009). The Web-Based Learning Model On Dynamic Fluid Concept To Improve Student’s Science Generic Skills. Proceeding International Seminar on Science Education, 484-495.

Ibid

Ibid

Ibid

Ibid




DOI: 10.24235/sc.educatia.v1i1.503

Article Metrics

Abstract view : 1284 times
PDF - 4141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains indexed by:

       

Creative Commons License
This work is licensed under a 
Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Stat Counter (Link)