SUNGAI MARTAPURA PIERE TENDEAN TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT LOKAL DAN PEDAGANG TRADISIONAL DI SEKITARNYA

Authors

  • Gusti Marliani Fakultas Ekonomi, Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Banjarmasin
  • Yusuf Asyahri

DOI:

https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v7i1.993

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu program yang dibangun oleh pemerintah daerah dengan mempromosikan daerahnya yang ditunjukkan dari salah satu pembangunan wisata pinggiran Sungai Martapura pembangunan siring Piere Tendean, pembangunan menara pandang, pengadaan pasar terapung, pengadaan transportasi sungai dan pembangunan patung bekantan sebagai maskot Kalimantan Selatan. Tujuan dari pembangunan tersebut adalah peningkatan perekonomian masyarakat berpendapatan rendah baik masyarakat lokal maupun pedagang tradisional di sekitar pembangunan wisata tersebut, sehingga penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dampak sebelum dan sesudah adanya pembangunan wisata tersebut bagi pendapatan masyarakat local dan pedagang tradisional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan di analisis secara deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil dari observasi, dokumentasi, metode Angket (kuesioner). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik analisa data menggunakan Uji t Sampel Berpasangan (Paired Sampel t Test). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pendapatan masyarakat local dan pedagang tradisional sebelum dan sesudah adanya pembangunan wisata Piere Tendean. Dari hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan pendapatan masyarakat lokal dan pedagang tradisional setelah pembangunan wisata pinggiran Sungai Martapura Piere Tendean.

Author Biographies

Gusti Marliani, Fakultas Ekonomi, Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Banjarmasin

Fakultas Ekonomi

Yusuf Asyahri

Fakultas Ekonomi, Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Banjarmasin

References

Adisasmita, Rahardjo.2010. Pembangunan Kota Optimum, Efisien dan Mandiri. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Adisasmita, Rahardjo.2012. Analisis Tata Ruang Pembangunan. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Deliarnov, 1995. Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: III Press

Gani,Irwan et al. 2015. Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

S. Priyo Rokhedi. 2012. Ekonomi Sumber Daya Manusia dan Ketenagakerjaan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Kencana

Published

2018-08-20

Issue

Section

Articles