Islam Di Cina Dalam Tinjauan Historis

  • Iqbal Iqbal
Keywords: Sejarah Islam, Cina, Tinjauan Historis

Abstract

Cina merupakan salah satu negara terkuat di dunia, baik secara ekonomi maupun politik. Secara politik, Cina merupakan negara yang diperhitungkan oleh karena memiliki pasukan militer yang cukup besar di mata dunia. Dalam sejarah, Cina merupakan salah satu negara yang sejak dulu telah terkenal dengan segala aspeknya, mulai dari politik hingga ekonomi. Bahkan dalam sejarah, Indonesia yang memiliki jumlah muslim terbesar di dunia memiliki hubungan erat terkait penyebaran Islam di Indonesia yang salah satunya berasal dari Cina. Hal ini berarti bahwa Cina lebih dahulu mengenal Islam dibanding Indonesia. Bebeberapa etnis di cina yang memeluk Islam antara lain etnik Huizu, Uygur, Kazakh, Kirgiz, Tajik, Uzbek, Tatar dan lain-lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun negeri Cina tidak mengadopsi sistem negara berbasis Islam, namun Cina memilik peranan penting dalm penyebaran agama Islam.

References

Arnold, TW. The Preaching of Islam, A History of The Propagation of The Muslim Faith. New Delhi, India: Aryan Books Interenational 2002.
Bromhall, Marshall Islam In China, a neglected problem. London: Darf Publisher Limited 1987.
Baojun Haji, Yusuf Liu. Perkembangan Masyarakat China Muslim di Dunia. Kuala Lumpur: Malaysia. Pusat Penyelidikan Ensiklopedia Berhad 1999.
Clyde, Paul H and Burton F Beers, A History The Far East of Western Impact and The Eastern Respons 1850-1965. New Jerssy USA: Prentice Hall Inc 1966.
China Islamic Association. Al Muslimun Fi ‘Ashini, Kaum Muslim Tiongkok, Chinese Moslems. Peking: Forigen Language Press 1953.
Khan, M Rafik . Islam di Tiongkok. Jakarta: Tinta Mas 1967.
Kementerian Kebudayaan, Kesenian dan Pelancongan Malaysia, Muslim di China, Muslim in China. Malaysia, Jabatan Muzium dan Antikuiti Malaysia, 2002.
Ma, H. Ibrahim Tien Ying. Perkembangan Islam Di Tiongkok. Jakarta : Bulan Bintang, 1979.
Mashed, Dhurorudin. Muslim di Cina. Jakarta: Pensil-324 2006.
“Perkembangan Islam di negeri Tiarai Bambu (Cina),”. https://hbis.wordpress.com/perkembangan-islam-di-negeri-tirai -bambucina (19 Maret 2016).
“Perkembangan Islam di Cina,” https://saripedia.wordpress.com/perkembangan-islam-di-china (19 Maret 2016).
Religions in the republic of China. Taiwan: Hsien Tien, Kwang Hwa Publishing Company 1986.
Smith, Huston. Agama-agama Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia 2000.
Thayib, Anshari. Islam di Cina. Surabaya: Amarpress 1991.
Published
2018-10-31
How to Cite
Iqbal, I. (2018, October 31). Islam Di Cina Dalam Tinjauan Historis. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(2), 414-422. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i2.171
Section
Artikel