Analisis Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri Model Kupang (Suatu Kajian Manajemen Pendidikan Islam)

  • Anton Anton
  • Yahya Nikmad Nobisa
Keywords: Manajemen, Analisis dan Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian  dimaksudkan untuk mengungkapkan tingkat mutu Pendidikan dan faktor-faktor pendukung mutu pendidikan di MAN Model Kupang. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif, namun yang dominan adalah analisis secara kuantitatif dengan deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat mutu pendidikan di MAN Model Kupang dapat dikategorikan bermutu terutama dilihat dari kualitas keilmuan dan ahlak seorang guru, tenaga kependidikan dan non kependidikan yang dapat memberikan contoh teladan kepada para siswanya. Disamping itu penguasaan pemahaman  siswa terhadap materi pelajaran sangat tinggi. Dari data tersebut diperoleh gambaran bahwa rata-rata siswa MAN Model Kupang selalu mendapatkan nilai tinggi. Hal ini dapat terlihat dari capaian hasil belajarnya yang memuaskan, baik dalam bentuk nilai dari hasil pekerjaan rumahnya, nilai dari hasil tugas-tugas yang dikerjakan di sekolah, maupun nilai dari hasil ujian akhir semester yang tercantum dalam buku rapor, prestasi-prestasi akademik dan non akademik yang diperoleh baik tingkat lokal maupun nasional. Adapun faktor-faktor yang mendukung mutu pendidikan pada MAN Model Kupang ditunjang oleh sistem rekruitmen seleksi dan penerimaan siswa baru yang sangat baik, peningkatan kualitas keilmuan dan akhlak para guru dan tenaga kependidikan, memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai, dan sistem manajemen sekolah yang terarah.

References

A. MuktiAli,."Pendidikan Agama dan Sistem Pendidikan Bangsa"dalam Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Nomor 2, Vol. 1. Yogyakarta : Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, 1991.
Ahmad Azhar, Basyir,. Refleksi Atas Persoalan Keislaman. Bandung : Mizan, 1994.
Ahmad Fū’ad, Al-Ahwāniy,. Al-Tarbiyah fī al-Islām. Mesir: Dār al-Ma’arif, 1979.
Arsyad, Azhar, Pokok-pokok Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan dan Eksekuti (Morteal, Exekutive Institute Fakulty Of Managemen Mc Gill University, 1996.
Azra, Azyumardi, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Cet I ; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Cet V; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum. Cet. II; Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1993.
Madjid, Nurcholish, Khazanah Intelektual Islam, Cet. III; Jakarta: Bulan Bintan, 1994.
Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah, Cet.I; Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1996.
Saleh, Abdurahman. Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta : Dewan Pimpinan Gabungan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam, 1993.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Supriadi, Dedi. Manajemen Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa, 1999.
Surya, Mohammad, Percikan Perjuangan Guru (Cet. I; Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Syah, Muhibbin,. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003.
Tafsir, Ahmad, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet.VIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Tilaar,H.A.R. Manajemen Pendidikan Nasional. Cet. V; Bandung : Gema Insani Press, 1995.
Tirtaraharja, Umar, Optinialisasi Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan,"Makalah" disampaikan dalam Seminar IMDI. Parepare: t.p., 1993.
Published
2018-10-31
How to Cite
Anton, A., & Nobisa, Y. (2018, October 31). Analisis Mutu Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri Model Kupang (Suatu Kajian Manajemen Pendidikan Islam). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(2), 423-438. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i2.172
Section
Artikel