STUDI PENDAHULUAN TENTANG PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR (INISIASI, KONSTRUKSI-REKONSTRUKSI, APLIKASI, REFLEKSI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Abstract

Sudah diterima secara luas bahwa pemecahan masalah matematika adalah jantung dari pembelajaran matematika. Namun pada tataran implementasi didapatkan kenyataan bahwa pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pemecahan masalah matematika tidaklah mudah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui proses pengembangan Model Pembelajaran IKRAR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika (2) Untuk mengetahui hasil pengembangan Model Pembelajaran IKRAR untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran IKRAR dalam pemecahan masalah matematika. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah luas bangun datar siswa kelas VII semester 1 SMPN 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sebuah model pembelajaran konstruktivist-IKRAR (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, Refleksi) sebagai salah satu inovasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk awal (4) Uji coba terbatas (5) Revisi produk awal (5) Uji coba lapangan, dan (6) Revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengacu pada prosedur pengembangan Plomp, meliputi: (1) penelitian awal, (2) fase prototipe,dan (3) fase penilaian (evaluasi semi-sumatif). Data kualitas perangkat pembelajaran dikumpulkan dengan lembar validasi, lembar keterlaksanaan, angket respons guru dan siswa, serta tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini telah berhasil mengembangakan model pembelajaran IKRAR untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.