Simulasi Pengaduan Sarana Prasarana Berbasis Internet (Studi Kasus Universitas Adiwangsa Jambi)

Abstract

Dengan perkembangan jumlah mahasiswa dan sarana prasarana penunjang menjadi pendukung penyelengaraan pendidikan, namun permasalahanpun semakin kompleks. Sebagai sarana layanan kemahasiswaan perlu membenahi perihal layanan pengaduan di Universitas Adiwangsa Jambi, seperti pengecekan ataupun feedback yang lama oleh pihak kampus, mahasiswa tidak bisa melakukan aduan secara fleksibel, serta pengelolaan aduan yang masih manual. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa dapat memberikan aduan maupun saran dimanapun dan kapanpun serta pengolahan data yang lebih mudah sehingga mempercepat waktu pengecekan aduan dan menindaklanjuti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Waterfall, alat bantu perancangan sistem UML (Unified Modelling Language), bahasa pemrograman PHP, database MySQL. Aplikasi ini dapat memberikan aduan dengan beberapa fitur lain yang ditawarkan serta pengelohan data yang lebih cepat. Untuk penelitian kedepannya aplikasi ini dapat dikembangkan dari berbagai aspek seperti fitur, seluruh bagian dan melampirkan foto/image serta notification untuk pengelola.