Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini

Authors

  • Rika Andriyani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Mohammad Fauziddin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3

Keywords:

Kemampuan Kosakata, Metode Bercerita, anak usia dini

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di TK Taruna Pertiwi Pulau terhadap kemampuan kosakata anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan kegiatan metode bercerita. Masalah dalam penelitian ini adalah kosakata yang dimiliki oleh anak rendah, ditandai ketika anak belum mampu menjawab pertanyaan yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Taruna Pertiwi Pulau. Sampel penelitian berjumlah 15 anak. penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan statistik dengan uji t-test dengan program SPSS 16,0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan teknik independent T-test, diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi a < 0,005. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan koskata pada anak usia 5-6 tahun di TK Taruna Pertiwi Pulau

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bimo. (2010). Makalah Ringkas. [Online]. Tersedia dalam: https://kakbimo.wordpress.com/makalah- ringkas/ [diakses 25 Desember 2017].

Dhieni, Nurbiana dkk. (2007). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fauziddin, Mohammad. (2014). Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gusmalinda, (2016).Pengaruh Media Gambar Diam Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Uisa 5-6 Tahun Di Paud Kemuning Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Universitas Riau: Pekanbaru

Hartono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

http://webcache.googleusercontent.com/search? q=cache:i AyZ qq6jj nEJ :j urnalmahasi swa.unesa.ac.id/article/1437/19/article.pdf +&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id [Diakses 05 Januari 2018]

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2001). Departemen Pendidikan Nasional

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2001). Departemen Pendidikan Nasional

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : Jakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia : Jakarta.

Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia 3-4 Tahun Pada Play Group Tunas Bangsa Mojokerto. [Online] Tersedia dalam

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Muyassaroh, Rohmatul Annisa, Jurnal. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosakatadasar Anak Usia 4 ¬5 Tahun Di RA Muslimat Banyumas Kabupaten Pringsewu. [Diakses] Tersedia dalam http://Ejournal.xhzgs.Com/2016/09/Pendidikan-Anak-Usia-Dini/Article.Html [Diakses 30 Desember 2017]

Naibaho, Santha. (2017). Pengaruh Kegiatan Kolase Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 ¬6 Tahun di TK Tunas Melati Kandis, Kabupaten Siak. Univrsitas Riau: Pekanbaru

Rodiyah, Asri. (2013). Penggunaan

Sardi, N dkk. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Bercerita DongengTerhadap Kemampuan Berbahasa dan Motovasi Anak Kelompok B TK Kunti II Dalung. [Online] Tersedia dalam https://media.neliti.com/media/publication s/Article. Html [Diakses 30 Desember 2017]

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sunariyanto. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 tahun dengan Media Poster Di TK ABA Yogyakarta. [Online] Tersedia dalam http://webcache.googleusercontent.c om/search?q=cache:1c9ko2HMVbUJ journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/320/292+&cd=10&hl=i d&ct=clnk&gl=id [Diakses 05 Januari 2018]

Tarigan, Henry Guntur. (2011). Menyimak Sebagai Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. (1984). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa

Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini: Kencana

Downloads

Published

2018-12-02

How to Cite

Andriyani, R., Masrul, M., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Becerita terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.3

Issue

Section

Research Articles

Citation Check