Main Article Content

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perilaku  trend LGBT peserta didik yang ada di SMA negeri 1 Aceh Tamiang , bagaimana peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku trend LGBT ini,   bagaimana pelaksanaan konseling realitas berbasis Al-Hikmah dan mengapa konseling realitas berbasis Al-Hikmah menjadi alternative dalam mengatasi perilaku trend LGBT peserta didik di SMA Negeri 1 Aceh Tamiang. Untuk mencari jawaban permasalahan diatas penulis menggunakan metode penelitian  deskriptif kualitatif dan subjek dan objek dalam penelitian ini adalah , guru bimbingan dan konseling dan siswa  yang terindikasi berperilaku trend LGBT . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Gambaran bentuk  prilaku trend LGBT yang ada pada siswa  lebih kepada mengikuti prilaku  transgender  atau gangguan identitas gender dan  tidak ditemukannya  mengikuti prilaku   lesbian, gay, dan  biseksual, (2) Peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku trend LGBT dengan mengenali peserta didik yang mengalami masalah, memahami jenis masalah, pelaksanaan bantuan dengan konseling individu dan konseling kelompok dengan mengunakan  metode konseling realita berbasis al-Hikmah   dan  evaluasi  berkelanjutan.

Keywords

Peran Guru BK Konseling Realitas dan Al-Hikmah Trend LGBT

Article Details

Author Biography

Sabrida M. Ilyas, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Langsa

How to Cite
Ilyas, S. M. (2018). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING MENGATASI TREND LGBT (LESBIAN, GAY, BISEXUAL, DAN TRANSGENDER) DI SMA NEGERI 1 ACEH TAMIANG. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 59 - 77. https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i1.516

References

  1. Abu ‘Isa Muhammad Bin Muhammad Bin ‘Isa Ibn Sawrah al-Sulami al-Turmudhi. 1998. Sunan al-Turmudhi . Madinah: Daar al-Hudairi.
  2. Arifin, M. 1996. Teori-teori Konseling Umum dan Agama. Jakarta: Golden Terayon Press.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek, Edisi Revisi. Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Bee Helen & Boyd Denise. 2003. Lifespan Development . Pearson Education, Inc.
  5. Corey, Gerald 2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.
  6. Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Revisi Ketujuh. Bandung: Refika Aditama.
  7. David Chaney. 1996. Lifestyles : Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
  8. Hamdani, Bakran. 2002. Konseling & Psikoterapi Islam .Yogyakarta: Rajawali Pers
  9. Hallen, A. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.
  10. Imam al-Hafiz Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Isma’il Bin Ibrahim Bin al-Mughirah Al-Bukhari,1997. “Sahih al-Bukhari “. Maktabah Ilmi, Beirut.
  11. Latipun 2006. Psikologi Konseling . Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
  12. Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
  13. M. Mamang Haerudin, 2012. “Islam dan Prinsip Kemanusiaan: Upaya Memanusiakan Komunitas-Minoritas LGBT untuk Kehidupan Adil dan Akomodatif ” http://www.islamnet.web.id/2012/10/islam-dan-prinsip-kemanusiaan-upaya.html, (10 Agustus 2018).
  14. Nanda Najih H. 2011.”Pengaruh Aksi Diskrinminasi Masyarakat Terhadap Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender Pantai Boom Taban. Makalah Olimpiade Sains Penelitian OPSI 011 SMA Darul Ulum 2 Jombang “https://www.slideshare.net/AkoskaPratama/karya-tulis-ilmiah-complete ( 10 Agustus 2018).
  15. Papalia, Olds, Feldman. 2009. Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.
  16. Prayitno 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  17. Prayitno, Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  18. Moleong, J. Lexy. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  19. Subagyo, Joko. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.