Pengembangan Minat Baca Peserta Didik : Studi Peran Kepala Sekolah

Main Article Content

fahrurrrazi fahrurrrazi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena minat baca siswa dan pengaruh minat baca terhadap pertumbuhan kemampuan belajar siswa pada jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya. Kepala sekolah sebagai lokomotif perkembangan mutu pendidikan memiliki peran strategi bagi pengumbuhan dan pengembangan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai edukator, manajer, dan innovator  dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala madrasah sebagai edukator dalam pengembangan minat baca peserta didik meliputi meliputi tiga pembinaan, yakni pembinaan mental dan moral, serta pembinaan artistik. 2) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam meliputi penerapan fungsi-fungsi manajemen dengan didasarkan pada pada kerjasama dengan USAID dan UIN Walisongo Semarang. 3) Peran kepala madrasah sebagai innovator dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Kota Semarang meliputi inovasi strategi, pola pikir (mindset) dan struktur.


Abstract


This research is motivated by the phenomenon of reading interest of students and the influence of reading interest on the growth of students' learning ability in the next level of education. The principal as a locomotive of the development of the quality of education has a strategic role for the growth and development of reading interest of learners. This study aims to determine the role of principal as an educator, manager, and innovator in the development of reading interest of learners in MIT Nurul Islam Semarang City. This research is a qualitative field research, data collected through observation, interview, documentation and triangulation, and analyzed by descriptive analysis technique. The results of this study indicate that: 1) The role of principal as an educator in the development of reading interest of learners includes three activities are coaching, namely mental and moral coaching, and artistic coaching. 2) The role of principal as manager in the development of reading interest of learners at MIT Nurul Islam covers the application of management functions based on cooperation with USAID and UIN Walisongo Semarang. 3) The role of principal as innovator in the development of reading interest of learners at MIT Nurul Islam Semarang City includes innovation strategy, mindset, and structure.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles