Metode JIGSAW dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Darut Taqwa

Authors

  • Makherus Sholeh Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1525

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw dapat memberi manfaat  baik dari sisi siswa yang berperan dalam kelompok karena siswa belajar  memecahkan masalah dengan musyawarah bukan sebagai individual serta menambahkan wawasan baru bagi siswa. Dengan diskusi jigsaw yang berpusat pada siswa pembelajaran terasa hidup dan berkualitas. Hasil penelitian: 1) Pembelajaran melalui metode diskusi teknik jigsaw pada pelajaran Matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat merupakan pengajaran berbasis latihan yang menggunakan soal-soal latihan sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah secara bersama-sama dan berbentuk penguatan, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Teknik jigsaw ini lebih menekankan keaktifan siswa di kelas dalam proses pembelajaran, sehingga keberhasilan jigsaw tidak hanya pada hasil belajardari nilai ulangan, tetapi juga mempertimbangkan proses pembelajaran, 2) Metode diskusi teknik jigsaw sangat efektif untuk meningkatkan keberhasilan berlajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tingkat keberhasilan belajar siswa yang cukup memuaskan yang dapat diketahui dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa dan proses pembelajaran. Proses belajar sangat menentukan hasil belajar. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada pre-test adalah 57,8, pada tes akhir siklus pertama adalah 77,8, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 83,3. Nilai hasil belajar ini tingkat keberhasilanya berada pada criteria sangat baik. Sedangkan ketuntasan peserta didik pada pre-test adalah 36% , pada siklus 1 peserta didik tuntas adalah 67,8 dan siklus 2 adalah 78,5%

References

Anonim. http://sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw/

Hudojo, Herman. 2005.Pengembangan Kurikulumdan Pembelajaran Matematika,Malang:UNM, 2005

Jihat,Asep. 2008. Pengembangan Kurikulum matematika. Yogyakarta : Multi pressindo

Lie, Anita, 2007. Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.

Masykur, M. & Fathani, Abdul Halim. 2008.Mathematical Intelligence. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Soedjadi. 1999. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Sudjana, Nana.1987. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suprijono, Agus. 2010.Coperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryobroto,B. 1997.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarna.2006.Pengajaran Mikro. Jakarta : Tiara Wacana

Trigan, Djago.1990. Proses Belajar Mengajar Pragmatik, Bandung: Angkasa

Downloads

Published

2017-12-26

How to Cite

Sholeh, M. (2017). Metode JIGSAW dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MI Darut Taqwa. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v3i1.1525