EKONOMI SURIAH PRA-REVOLUSI POLITIK: SISTEM SOSIALIS DI BAWAH REZIM DUO-ASSAD

  • M. Khoirul Malik M. Khoirul Malik Pusat Penerbitan dan Kajian Ekonomi Syari'ah Prodi Ekonomi Syariah-Universitas Yudharta Pasuruan

Abstract

Gejolak demontrasi dan revolusi rakyat terhadap pemerintahan Bashar Assad yang dilakukan masyarakat Suriah di akhir-akhir ini (2011-2016) di kota selatan Daraa dan hampir seluruh wilayah Negara Suriah sangat mempengaruhi perekonomian Suriah secara umum. Jika akhirnya revolusi politik ini nantinya dapat mengakibatkan tumbangnya rezim Bashar al-Assad, maka bisa diprediksikan bahwa stabilitas ekonomi juga akan ikut bergejolak. Alternatif pasar sosial sebagai sistem ekonomi bertahan di negara kota Aleppo tersebut akan mendapatkan momentum terbaik dan kesempatan yang sangat besar untuk kembali. Tentunya itu semua terjadi pasca pembenahan dan perbaikan di segala sektor kehidupan bernegara dan bermasyarakat yg dilakukan Negara wilayah  “Bulan Sabit Subur”, sambil menunggu sampai Arab Spring benar-benar berakhir damai. Walaupun harapan itu oleh sebagian pemerhati ekonomi-politik Timur Tengah masih panjang perjalanannya.

References

A. Karim, Ir. Adiwarman, S.E., M.B.A., M.A.E.P. 2015. Ekonomi Mikro Islami. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Al-Faruqi, Isma’il R dan Lois Lamya. 2000. The Culture Atlas of Islam (Atlas Budaya Islam - Menjelajahi Khazanah Peradaban Gemilang). Bandung: Mizan.

Andersen, Roy.,Robert F. Seibert and Jon G. Wagner. 1987. Politics and Change in the Middle East: Sources of Conflict and Accomodation. Second Edition. Englewood Cliffs, N.J., Prentice-Hall, Inc.

Blake, Gerald. 1987. The Cambridge Atlas of the Midldle East & North Africa. New York, Cambrige University.

Kennedy, Hugh. 2008. Penaklukan Tersebar Dalam Sejarah Islam Yang Mengubah Dunia (judul asli The Great Arab Conquests). Jakarta: Pustaka Alvabet.

Nawawi, Prof. Dr. H. Ismail, MPA, M.Si. 2009. Ekonomi Islam – Prespektif Teori, Sistem dan Aspek Hukum. Surabaya, ITS Press.

Richard, Alan, and John Waterbury. 1990. A Political Economy of the Middle East State, Class, And Economic Developmen. Boulder, Westview Press.

Sihbudi, Riza dkk. 1995. Profil Negara-Negara Timur Tengah. Jakarta, Pustaka Jaya.

Jurnal. 2014. CMES. Volume VII Nomor 2 Edisi Juli-Desember 2014. Surakarta: UNS.

Jurnal. 2013. Diskursus Islam. Volume 1, No. 1, April 2013. Makasar: Pascasarjana UIN Alauddin.

Jurnal Ekonomi Syariah. 2014. AN-NISBAH. IAIN Tulungagung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

http://www.theglobal-eview.com/content_detail.php?lang=id&id=2758&type=6.

http://www.economywatch.com/world_economy/syria/structure-of-economy.html.

http://klikinter.blogspot.com/2008_04_01_archive.html.

Published
2017-03-25
Section
Articles