Pemikiran M. Natsir dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia

  • Suwarno Suwarno STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah

Abstract

Abstrak
Muhammad Natsir merupakan salah satu tokoh pembaharu islam. Terdadap beberapa gagasan yang memberi sumbangsi pada kemajuan pendidikan islam dengan cara merombak sistem yang dikotomis kepada sistem yang integrated antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum, merombak kurikulum dari kurikulum yang dikotomis menjadi kurikulum yang integrated, dan menggunakan metode-metode yang aplicable dan sesuai dengan syariat-syariat Islam. Gagasan dan pemikiran Natsir dalam bidang kenegaraan maupun bidang pendidikan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. faktor internal adalah kecerdasan, karakter dan kepribadian Natsir yang demikian kuat, tabah dan rela berkorban untuk memperjuangkan kebenaran yang diyakininya sekalipun harus dibayar dengan penderitaan. Dan yang dimaksud dengan faktor ekternal adalah penjajahan belanda yang telah menyengsarakan rakyat baik lahir maupun bathin, dan juga kondisi umat Islam sendiri yang bersikap pasrah, memusuhi ilmu pengetahuan, tidak menguasai manajeman dan cita-cita yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-17
How to Cite
Suwarno, S. (2017). Pemikiran M. Natsir dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 90-105. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v4i1.665
Section
Articles