POLA ASUH KYAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri)

Abstract

Kedisiplinan hakikatnya adalah sekumpulan tingkah laku individu maupun masyarakat yang mencerminkan rasa ketaatan, kepatuhan, yang didukung oleh kesadaran untuk menunaikan tugas dan kewajiban dalam rangka pencapaian tujuan. Tujuan pendidikan disiplin adalah agar setiap individu memiliki disiplin jangka panjang. Disiplin jangka panjang itu dalam artian disiplin yang tidak hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap aturan atau otoritas, tetapi lebih kepada pengembangan kemampuan untuk mendisiplinkan diri sendiri sebagai salah satu ciri kedewasaan individu. Masing-masing orang tua memiliki perlakuan yang berbeda-beda dalam mengasuh dan membimbing, begitu juga dengan lembaga pondok pesantren. Dari paparan tersebut fokus penelitian ini adalah : 1)Bagaimana Pola Asuh Kyai Dalam Mendidik Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri? 2)Bagaimana Kedisiplinan Santri di Pondok  Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri? 3)Bagaimana Pola Asuh Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Mambaul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif, metode pengumpulan data  melalui: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh yang diterapkan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu : Pola Asuh Authoritative (Demokratis). (2) Kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu : Santri menjadi penurut, taat pada aturan, tepat waktu, tertib dan berkurangnya pelanggaran yang dilakukan santri. (3) Pola Asuh Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Kecamatan Pesantren Kota Kediri yaitu dengan teladan atau contoh, pembiasaan, penyadaran, dan pengawasan.Kata Kunci: Pola Asuh dan Kedisiplinan