PENGARUH CITRA POLISI, PENGETAHUAN SISWA DAN AGRESIVITAS DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN LALU LINTAS PADA SISWA DI BANDAR LAMPUNG

Abstract

Kepatuhan dalam berlalu lintas adalah kemauan individu untuk mengikuti peraturan atau peraturan yang mengatur aktivitas lalu lintas di jalan raya baik karena faktor internal dan faktor eksternal, atau dengan kata lain pemahaman atau pemaksaan yang baik. Kepatuhan diduga berhubungan dengan citra Polisi, Pengetahuan Siswa dan Agresivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh antara Citra Polisian, Pengetahuan Siswa dan Agresivitas dengan Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, hipotesis yang diajukan: 1. Ada hubungan antara Citra Polisi, Pengetahuan Siswa dan Agresivitas dengan Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, 2. Ada hubungan antara Citra Polisi dengan Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, dan 3. Ada hubungan antara Pengetahuan Siswa dengan Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, dan 4. Ada hubungan antara Agresivitas dengan Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri 1 Bandar Lampung dengan jumlah siswa sebanyak 1452 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling, dan didapatkan sebanyak 74 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi untuk mengungkap pengetahuan Pelajar dan Skala Psikologis yang terdiri dari; 1 Skala Citra Polisi, 2. Skala Agresivitas dan, 3. Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. Untuk menguji hipotesis tersebut kita dapat menggunakan teknik statistik Anilisis Regresi dengan 3 prediktor. Hasil yang dapat disimpulkan adalah; 1. R = 0,651 dan p = 0,000 (p <1%), artinya bersama-sama ada pengaruh antara citra polisi, pengetahuan dan agresivitas siswa dengan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas dan ketiga variabel tersebut secara efektif berkontribusi 42% terhadap kepatuhan. 2. t = 2,602 dengan sig = 0,011 (p <0,05) ada hubungan anatara citra polisis dengan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas . 3. t = 3,158 dengan sig = 0,002 (p <0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara pengetahuan siswa dengan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. 4. t = -5.351 dengan sig = 0,000 (p <0,01) artinya ada korelasi negatif antara agresivitas dengan kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas.