Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Mandi Tilatang Kamang

Syukra Vadhillah, Alimin Alimin, Suharmon Suharmon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi guru dan siswa di MAN Batu Mandi Tilatang Kamang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi guru dan siswa di madrasah ini adalah tidak ada media pembelajaran untuk ijtima’, siswa berasal dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda, guru kurang termotivasi untuk berbicara bahasa Arab, labor bahasa sebagai penunjang pembelajaran bahasa Arab tidak ada, metode yang digunakan tidak bervariasi, lingkungan yang kurang mendukung untuk tercapainya proses pembelajaran yang baik dan waktu belajar yang ditetapkan tidak cukup.


Keywords


Problematika, Bahasa Arab, Madrasah Aliyah Negeri, Batu Mandi Tilatang Kamang,agam Sumatera Barat

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. (2005). Al-Quran dan Terjemahan. Bandung: Diponegoro.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Efendi. (2008). “Metode Pembelajaran Bahasa Arab: antara Tradisional dan Modern”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Insania Vol. 3 Sep-Des 2008, 441-452.

Effendi, Ahmad Fuad. (2004). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Fahrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing.

Fahrurrozi, Aziz. (2014). “Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya”. Arabiyat, Jurnal Guruan Bahasa Aab dan Kebahasaaraban Vol 1 no. 2 Desember 2014.

Hidayat, Nandang Sarip. (2012). “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Pemikiran Islam, Vol 37 No. 1 Januarai-Juni 2012.

Laboratorium Bahasa. (2016). Bahasa Resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Diakses pada http://laboratoriumbahasa.asia/bahasa-resmi-perserikatan-bangsa-bangsa. tanggal 2 Mei 2016.

Istiqomah, Laela. (2009). “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kabupaten Jepara”. Skripsi Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang 2009.

Keraf, Gorys. (1997). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.

Kunandar. (2007).Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Laksana, Kerida. (2011). “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Pelita Harapan”. Skripsi Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2011.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudri, M. Walid. (2010). “Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran”. Jurnal Falasifa Vo. 1 No. 1 Maret 2010 Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Falah As-Suniyah Kencong Jember.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolahi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_________. (2005). Menjadi Guru, Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran. Jogjakarta: Sukses Offset.

Nurbayan, Yayan. (2008). Motodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zein Al Bayan.

Oktaviana, Ira. (2015). “Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang 2015.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 000912 Tahun 2013 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isis Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pohchaeh, Miss Sareena. (2013). “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Darasat Witya Narathiwat Thailand”. Skripsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, Wina. (2011). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Santoso, Kusno Budi. (1990). Problematika Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Sardiman, A.M 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Cipta Prakasa Sejati.

Semiawan, Conny. (1991). Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Sirajuddin, Heppi. “Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DDI Kaballangan Kabupaten Pinrang”. Jurnal Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Sastra Unhas No. 1, 21 Mei 2012.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

______. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

______. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sujarwo. (2010). “Peranan Guru dalam Pemberdayaan Siswa”. Dinamika Pendidikan Majalah Ilmu Pendidikan No. 01/Th.XVII/Mei 2010 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovaif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Guruan(KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ulya, Uly. (2012). “Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Kecamatan Dempet Kabupaten Demak”. Skripsi Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Pendidikan Guru MI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga 2012.

Umam, Chatibul. (1980). Aspek-aspek Fundamental dalam Mempelajari Bahasa Arab Bandung: al-Ma’arif.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah B. (2014). Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. Basyiruddin.(2002). Metode Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Walija. (1996). Bahasa Indonesia dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta.

Waterhouse, Philip. (1983). Managing the Learning Process. London: McGraw-Hill Book Company (UK) Limited.

Wibowo, Wahyu. (2001). Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Yamin, Martinis. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v8i1.1941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/mende.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/ipi.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg

Creative Commons License
Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab by Program Studi Pendidikan Bahasa Aarab Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..