PENGEMBANGAN PROGRAM BK KOMPREHENSIF BERBASIS KARAKTER CERDAS DAN APLIKASINYA MELALUI BIMBINGAN TEMAN SEBAYA

Ardimen Ardimen

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan program BK komprehensif berbasis karakter cerdas melalui bimbingan teman sebaya di IAIN Batusangkar. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mengembangkan karakter cerdas mahasiswa melalui bimbingan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kemitraan. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi BK yang sudah mengambil mata kuliah teknik labor konseling dan mahasiswa prodi lainnya yang mempunyai dedikasi, minat, dan komitmen untuk memberikan bantuan terhadap sesama dalam pengembangan kehidupan efektif sehari-hari. Penelitian ini dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri atas beberapa siklus. Hasil penelitian ini adalah program BK komprehensif berbasis karakter cerdas yang terdiri atas tiga komponen layanan BK, yaitu; layanan dasar bimbingan berbasis karakter cerdas, layanan responsif untuk mengatasi hambatan dan masalah perkembangan karakter cerdas, dan layanan perencanaan dan pengembangan individual untuk mencapai kematangan perkembangan karakter cerdas mahasiswa.Selanjutnya bimbingan teman sebaya efektif untuk mengembangkan karakter cerdas mahasiswa dalam belajar dan dalam membina hubungan sosial.


Keywords


Kata Kunci: BK komprehensif, karakter cerdas, bimbingan teman sebaya

Full Text:

PDF

References


Afriwan dkk, 2012. Implementasi Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok terhadap Mahasiswa Baru. Padang: Makalah dalam Prosiding Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling di LPMP Sumbar, tanggal 14 Januari 2012.

Amirah Diniaty. 2011. Penyelenggaraan Peer Konseling (Bimbingan Teman Sebaya) Di Sekolah Menengah Dalam Mengatasi Kurangnya Personil BK. Pekanbaru: Makalah dalam Prosiding Konvensi Nasional XVII ABKIN, Pekan Baru: Universitas Riau.

Bambang Q-Annes dan Adang Hambali. 2008. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur an. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Depdiknas RI., Panduan Umum Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, 2002

______, Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas, 2002

Direktorat Jenderal Pendidikasn Tinggi, 2004. Dasar Standardisasi Profesi Konseling. Jakarta: Depdiknas RI.

Doni Koesoema A. 2010. Pendidikan Karakter (Strategi Mendidik Anak di Zaman Global). Jakarta: PT. Grasindo.

Elliot, John, Action Research for Educational Change, Philadelphia: Open University Press, 1993.

Erhamwilda, 2009. Model Hipotetik “Peer Counseling” dengan Pendekatan Realitas Untuk Siswa SLTA (Satu Inovasi Layanan Konseling di Sekolah. Surabaya: Makalah Disampaikan pada Kegiatan Konvensi Nasional XVI ABKIN di Surabaya tahun 2009.

Fitria Kasih, 2011. Urgensi Pelayanan Konseling dalam Membangun Karakter Cerdas Peserta Didik Menuju Indonesia Emas 2025 (Makalah). Pekanbaru: Disajikan pada Kegiatan Konvensi Nasional XVII ABKIN di Pekanbaru tanggal 17 dan 18 Desember 2011.

Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno. 2011. Pelayanan Unggul Pendidikan untuk Keunggulan Peserta Didik. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prayitno dan Afriva Khaidir. 2010. Kelompok Pengamalan Butir-Butir Karakter Cerdas. Padang: Universitas Negeri Padang.

Soemarno Soedarsono. 2002. Character Building Membentuk Watak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sofyan S. Willis. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Syamsu Yusuf LN. 2011. Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. dalam Mamat Supriatna, Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi (hlm. 61-94). Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsu Yusuf LN. dan A. Juntika Nurihsan. 2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: UPI dan PT. Remaja Rosdakarya.

Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Pengembangan Karakter Anak melalui Pendidikan Karakter. dalam Arismantoro, Character Building (hlm. 25-35). Yogyakarta: UNY dan Tiara Wacana.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yahya Khan, Pendidikan Karakter Berbasis potensi Diri (Mendongkrak kualitas Pendidikan). Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/4.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/17.jpg http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/5.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/21.jpg   

 

Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam published by Islamic Religious Education Study Program, Tarbiyah Faculty of IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.