Efektivitas Metode Debat Dalam Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Agama Buddha Di Smk Atisa Dipamkara Tangerang
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa. pemahaman pendidikan agama Budha dengan menggunakan metode debat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI Multimedia 3 Atisa Dipamkara SMK,Tangerang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan hasil belajar dengan pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap pertemuan pada siklus I. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat dapat meningkat pemahaman siswa dilihat dari hasil evaluasi pretest dan posttest masing-masing siklus. Pada siklus I, rata-rata hasil pretest pemahaman agama Budha siswa pendidikan sebesar 65,13 dan rata-rata hasil pemahaman diperoleh dari evaluasi menggunakan posttestnya adalah 68.30. Pada siklus II pemahaman siswa meningkat dari pretest hasil 65,13 menjadi 74,74, sedangkan pemahaman hasil posttest 68,30 menjadi 75.43. Pada siklus III hasil pemahaman siswa dari hasil pretest meningkat dari 74,74 menjadi 78,78 dan dari hasil posttest dari 75,43 menjadi 79,78. Dalam penelitian ini setiap siklusnya meningkatkan hasil pretest dan posttest. Kendala yang dihadapi dalam menggunakan metode debat dalam penelitian ini adalah kelas kurang kondusif dan sering terjadi perdebatan kusir, kusir Perdebatan adalah satu sama lain yang menyudutkan kelompok lain dengan cara berdebat.